Parepare

Akbar Ali Bicara Soal Bahasa Ibu, di Webinar Merdeka Belajar

AKARBERITA.COM, Parepare – Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare, Akbar Ali didaulat sebagai pembicara dalam webinar silaturahmi Merdeka Belajar bertema “Generasi Muda Bersatu dalam Menjaga Bahasa Ibu”, Kamis (29/02/2024). Kegiatan merupakan rangkaian peringngatan Hari Bahasa Ibu Internasional.

Dalam kegiatan tersebut, Akbar Ali diminta berbagi praktik baik dalam pelestarian bahasa daerah di kota yang dinakhodainya.

Akbar mengatakan, sejumlah praktik baik yang dilakukan, mulai dukungan anggaran, kebijakan, hingga peraturan daerah yang mewajibkan bagi semua kalangan untuk berbahasa daerah.

“Suatu kehormatan bagi saya telah diundang oleh Kemdikbudristek untuk berbagi praktik baik upaya-upaya yang telah dilakukan pemkot Parepare dalam pelestarian bahasa daerah,” ujar Akbar Ali di kantor walikota Parepare.

Untuk even Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI), salah satu praktik baik yang cukup berkesan yang dilakukan oleh Pj Wali Kota Parepare ini yaitu dengan memberi apresiasi kepada para siswa yang telah berjuang mengharumkan nama Parepare di tingkat Sulawesi Selatan.

“Atas prestasi itu, saya memberikan apresiasi dan penghargaan pada seluruh kepala sekolah dan guru agar mereka bangga atas capaian yang telah diperoleh. Kita konsisten menggunakan bahasa daerah di sela sambutan, baik formal maupun non formal,” ujarnya.

Sementara Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI, Prof E Aminuddin Aziz mengapresiasi konsistensi pemkot Parepare terhadap pelestarian bahasa daerah.

“Saya sangat terkesan gambaran praktik baik yang dilakukan Pak wali. Inisiatif yang dilakukan dalam merawat, bahasa, sastra, dan aksara daerah sangat mengesankan. Jika itu dilakukan semua kepala daerah, maka saya yakin bahasa daerah kita akan terawat dengan baik,” tandas Aminuddin.

(Sri Ayu Lestari)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!