Parepare

Pemkot Parepare Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Otonomi Daerah

AKARBERITA.COM, Parepare – Pemerintah Kota Parepare menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah ke-28, Kamis (25/4/2024).

Dalam upacara tersebut, tema yang diangkat adalah “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat”.

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, Muhammad Husni Syam, menegaskan pentingnya komitmen jajaran pemerintah dalam membangun secara berkelanjutan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal.

Husni juga menyampaikan harapannya agar tema ini mampu memperkokoh komitmen pemerintah daerah untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang, dengan mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan.

Selama 28 tahun otonomi daerah berlalu, telah terlihat dampak positif yang signifikan. angka Indeks Pembangunan Manusia meningkat, Pendapatan Asli Daerah serta kemampuan fiskal daerah juga mengalami peningkatan. Dengan peningkatan tersebut, diharapkan dapat dimanfaatkan untuk program pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

“Saya menghimbau kepada daerah yang masih memiliki PAD rendah agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD tanpa melanggar hukum dan norma serta tidak memberatkan masyarakat,” lanjut Husni.

Dengan semangat ini, Pemerintah Kota Parepare bersama dengan pemerintah daerah lainnya di Indonesia berkomitmen untuk terus bergerak maju dalam membangun ekonomi yang berkelanjutan, serta menjaga lingkungan hidup yang sehat demi keberlangsungan masa depan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat.

(Sri Ayu Lestari)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!