Daerah

Osis Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Punya Cara Tersendiri Untuk Jaga Kebersihan Masjid

AKARBERITA.com, Parepare – Dalam menegakkan aturan kebersihan masjid dan lingkungan Pesantren, Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) santriwati dari Pondok Pesantren DDI Ujung Lare Kota Parepare mempunyai cara tersendiri. Aturannya adalah setiap sandal yang melewati batas suci masjid akan disita oleh santriwati dan dilelang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua OSIS Madrasah Aliyah (MA) DDI Ujung Lare Nurfadillah Thamrin, saat ditemui menyampaikan aturan tersebut sudah masuk dalam program OSIS, Rabu, (27/3).

“Kami sudah membicarakannya juga dengan Pembina pondok pesantren dan juga guru-guru, program itu sangat diapresiasi, jadi seksi kebersihan pada OSIS yang bertanggungjawab untuk keaktfikan program tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya, kata Nurfadillah lagi, program kebersihan sudah diumumkan kepada santriwati dan santriwan yaitu pelelangan sandal dilaksanakan setelah sholat.

”Kita sudah umumkan tentang program ini, jadi teman-teman dari seksi kebersihan memungut sandal yang melangggar jika melihat ada yang melewati batas, pelelangan dilakukan setelah sholat, harga lelangnya itu maksimal Rp5.000, biasanya sandal yang dilelang itu orangnya sendiri yang nebus,” katanya.

Sementara itu, Kepala Madrasah Aliyah Herfina sangat mengapresiasi, program yang dilakukan oleh santriwatinya, salah satu inisisasi untuk menjaga kebersihan Masjid.

“Kami selaku kepala sekolah sangat mengapresiasi dengan adanya program ini karena Annadzafatul Minal Iman (kebersihan itu sebgian dari iman), apa lagi menjaga kebersihan masjid, akan dapat pahala juga, dilain sisi adanya pelelangan sandal itu dimaksudkan untuk menjadi bahan pembelajaran bagi yang melanggar, pun jadi contoh bagi masyarakat sekitar.”ungkapnya.

(Dwi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!