Daerah

Petani Pincara Pinrang Gelar Panen Raya

AKARBERITA.com, Pinrang – Memasuki musim panen tahun ini, masyarakat petani di Desa Pincara, Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinrang, Senin (26/3) menggelar pesta panen raya, dihadiri Bupati Pinrang Andi Aslam Patonangi, Dandim 1404 Pinrang Letkol ARM Lukman Sasono, Kadis Pertanian dan Holtikultura A Tjalo Kerrang dan Plt Camat Patampanua Andi Tambero.

Kepala Desa Pincara Ilham Sampe mengatakan, dari 1.774 warga yang bermukim di desa tersebut, 90% diantaranya adalah petani. Panen perdana kali ini, kata dia, adalah bulir pagi yang dihasilkan dari bibit Infago Unsoed 01 dan dinilai paling cocok dengan lahan seluas 202 hektar yang ada di desa tersebut. “Rata-rata perhektar sawah mencapai 7,7 ton gabah,” jelasnya.

Pesta panen raya kali ini, tambah Ilham, adalah hasil dari ribuan masyarakat petani yang tergabung dalam enam kelompok tani (Poktan)

Sementara Aslam mengatakan, produksi gabah petani Pinrang rata-rata 7,5 ton hingga 7,8 ton perhektar. Capaian produksi pertanian tersebut, tak sebatas didukung bantuan benih, pupuk, maupun irigasi yang memadai, tapi juga melibatkan penyuluhan yang secara intens melakukan penyuluhan.

“Sehingga para petani bisa melakukan penanaman dan panen tepat waktu, tentu dengan hasil dan kualitas yang maksimal,” kata Aslam.

Bahkan, kata Aslam, produksi gabar kering giling (GNK) yang dihasilkan ribuan petani Pinrang setiap tahunnya, bisa menembus angka 653.979 ton. “Dengan areal pertanian mencapai 55.111 hektar, Pinrang bisa meempertahankan produksi pertaniannya dan tetap menjadi penopang pangan untuk wilayah Indonesia Timur,” paparnya.

(Hecha)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!