Politik & Parlemen

Bawaslu Akan Libatkan Ormas Pemantau Pelaksanaan Pemilu

AKARBERITA.com, Parepare – Memaksimalkan pemantauan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi ikut melakukan pengawasan dan pengawalan terhadap proses pelaksanaan Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Parepare Muh Zainal Asnun mengatakan, salah satu unsur yang mendapat perhatian pihaknya yakni Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang ada di Parepare, untuk terlibat dan berperan aktif selama proses Pemilu, dengan mendaftar sebagai Pemantau Pemilu.

Zainal menjelaskan, beberapa persyaratan umum bagi Ormas yang ingin menjadi Pemantau Pemilu di antaranya, ormas yang terdaftar atau resmi, serta sumber anggaran dan tujuan organisasi yang jelas.

“Pendaftaran tidak kita dibatasi. Semakin banyak, semakin baik, sepanjang memenuhi syarat, silakan mendaftar. Pendaftaran dibuka di Bawaslu Sulsel. Nantinya akan diseleksi dan ditetapkan oleh Bawaslu RI sebagai pemantau Pemilu setelah diseleksi. Dan akan ber-SK,” papar Zaienal. Kamis (20/9).

Saat ini, tambah Zainal, jumlah sumber saya yang dimiliki Bawaslu Parepare, terbilang terbatas. Terlebih untuk mengawasi proses pelaksanaan Pemilu mendatang. Jumlahnya, kata dia, pada tingkat kota hanya tiga orang, pada tingkat kecamatan masing-masing tiga orang dan di tingkat Kelurahan satu orang. “Sementara yang akan kita awasi, mencapai puluhan ribu masyarakat.

(Luki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!