Daerah

Sukseskan Pemilu, Masyarakat Antusias Lakukan Perekaman e-KTP

AKARBERITA.com, Parepare – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 17 April mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Parepare mengalami peningkatan untuk melakukan perekaman e-KTP.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pengelolahan dan Pendayagunaan Data dan Informasi Kependudukan Disdukcapil Parepare Adi Hidayah Saputra, Selasa (9/4).

Adi mengatakan, antusias masyarakat memang meningkat, mengingat pentingnya e-KTP untuk digunakan dalam menyalurkan hak suara. “Itu positif, karena secara tidak langsung masyarakat sadar akan pentingnya memiliki e-KTP. Jadi, kita harapkan masyarakat tidak lagi menunda-nunda untuk melakukan perekaman,” ungkapnya.

Adi menerangkan, pada hari-hari sebelumnya, rata-rata perharinya yang datang ke kantor untuk melakukan perekaman hanya 20 hingga 30 orang. Namun, lanjutnya, jelang Pemilu, masyarakat yang datang mengalami peningkatan yang mencapai 40 sampai 50 orang perhari.

“Layanan jemput bola juga masih terus berjalan, ke-kelurahan sesuai dengan yang dijadwalkan. Pelayanan yang diberikan sama dan proses penginputan dan pengiriman data juga sama,” ujarnya.

Adi menambahkan, untuk surat keterangan (suket) sendiri, kini tidak diberlakukan lagi, sehingga masyarakat diharapkan untuk segera mengambil e-KTP, dengan mengunjungi kantor Disdukcapil, namun jika suketnya hilang, dibuatkan surat keterangan hilang.

“Yang masih berlaku hanya yang dikeluarkan pada januari tahun ini. Yang sebelumnya, cukup datang ke kantor untuk konfirmasi,” tutupnya.

(Luki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!