Daerah

RSUD Andi Makkasau Memiliki Ruang NICU

AKARBERITA.com, Parepare -Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare terus meningkat pelayanan terhadap pasien. Hal tersebut dibuktikan dengan menghadirkan layanan unggulan.

Kasubid Humas RSUD Andi Makkasau Farida membenarkan hal tersebut saat ditemui diruang kerjanya. Farida mengatakan, layanan unggulan ini adalah ruang Nicu yang satunya-satunya RSUD yang memiliki ruang nicu representatif karena dilengkapi fasilitas yang tidak dimiliki daerah lain di wiliayah Ajatappareng.

Farida menuturkan, ruang Nicu RSUD Andi Makkasau dilengkapi dengan SDM yang handal dan sarana prasarana yang sesuai dengan standar rumah sakit tipe B.

“Nicu merupakan ruangan perawatan intensif bagi bayi baru lahir hingga usia 28 hari yang mengalami gangguan kesehatan, seperti organ vital misalnya janting, paru-paru dan lainnya,”jelasnya.

Selain itu, lanjut Farida, untuk menjaga kesterilan ruang Nicu RSUD juga menyediakan gel antiseptik bagi orangtua bayi yang masuk ke ruangan Nicu.

Berikut SDM dan sarana yang terdapat di ruang NICU RSUD Andi Makkasau, diantaranya, Tenaga dokter spesialis anak dan perawat yang terlatih dan bersertifikat, Incubator tempat tidur bayi berdinding kaca yang suhunya bisa di atur agar tetap hangat, digunakan untuk bayi yang lahir prematur, Ventilator diperlukan untuk bayi yang tidak bisa bernapas sendiri, Continous positive airway pressure (CPAP) diberikan pada bayi yang lahir prematur dan mengalami kesulitan bernapas baik ringan maupun berat dan terakhir Fototerapi digunakan untuk menurunkan kadar bilirubin darah yang terlalu tinggi sebagai penyebab bayi kuning.

(Syari)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!