Daerah

Peringatan HUT TNI AU Ke-72 Tahun di Lanud Sultan Hasanuddin

AKARBERITA.com, Maros – Ratusan personil Makoopsau II, Kosekhanudnas II Lanud Sultan Hasanuddin Wing 2 Paskhas, Denhanud 472 dan Batalyon Komando 466 Paskhas mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Udara ke 72 di Apron Galaktika Lapangan Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Senin (9/4).

Inspektur Upacara Kepala Staf Komando Operasi (Kaskopsau) II Marsma TNI Julexi Tamboyang mengatakan, perkembangan serta kemajuan lingkungan stategis, ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan memunculkan ancaman baru dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tak hanya itu, kata Julexi, hubungan antar negarapun seakan tanpa batas. Hal ini menyebabkan tantangan yang dihadapi AU semakin berat. Terkait hal itu, jelas Julexi, TNI AU dituntut memiliki kemauan, tekad dan komitmen untuk mewujudkan hasil yang optimal.

“Dengan kemampuan yang dimiliki, TNI AU harus mampu berkomitmen dalam menjaga bangsa dan negara dari ancaman baru bagi tatanan kehidupan bernegara. Karena tanpa komitmen kuat, tentu berimbas pada sulitnya menghadapi tantangan yang berat,” papar Julexi.

Ditambahkan Julexi,  dalam membangun kekuatan udara yang hendak dicapai tak bisa dicapai dalam sekejab. Pun, kata dia, tak mungkin menunggu musuh datang menyerang atau mengeksplorasi potensi yang ada di wilayah dirgantara nasional. Namun, jelasnya, dibutuhkan konsep stategis dengan elemen yang terkait.

Dan diusianya yang ke-72 tahun, TNI AU tak sebatas berkomitmen menjaga negara Indonesia, tapi juga ikut bergerak dalam meningkatkan kesejaheraan prajurit TNI AU. “Salah satunya, menghindari adanya pensiunan TNI yang belum memiliki rumah, sejak dini diminta pada seluruh prajurit untuk menabung melalui tabungan wajib perumahan. Ada sekitar seribu unit rumah. Bangunannya tersebar di beberapa provinsi,” ungkap Julexi.

Terpisah, Kepala Penerangan Lanud Sultan Hasanuddin Mayor Sus Moh Agus Salim menambahkan, memasuki usianya yang ke-72 tahun, serangkaian kegiatan digelar, diantaranya air force run, drag race, statick show dan terjun payung. Kegiatan yang dibuka secara umum tersebut, diharapkan ikut dimeriahkan masyarakat Sulsel.

“Rangkaian acaranya dari 28 April mendatang. Kita berharap, warga Maros, Makassar dan sekitarnya bisa ikut menikmati beberapa atraksi persembahan TNI AU,” pungkasnya.

(Naila)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!