Daerah

Pemkot Parepare Akan Siapkan Ruang Bermain Bagi Sekolah Tanpa Halaman

AKARBERITA.com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare akan menyediakan ruangan khusus untuk bermain untuk pelajar khususnya sekolah tingkat dasar (SD) yang tidak memiliki halaman sekolah. Wacana itu, akan diajukan pemkot pada program RPJMD 2018-2023 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Plt Sekkot Parepare Iwan Assad, sebagai jawaban terhadap solusi bagi sekolah yang tidak memiliki halaman, agar pelajar bisa tetap menikmati waktu senggang disaat jam istirahat belajar.

Iwan mengatakan, sekolah-sekolah yang tidak memiliki halaman akan tetap diusulkan sebagai sekolah ramah anak. Agar tetap menjadi wadah belajar yang layak anak, masing-masing sekilah akan disediakan ruang khusus bermain bagi anak. “Pemerintah tetap memikirkan hal itu. Dengan menyediakan ruangan khusus bermain sehingga semua pelajar di sekolah yang tidak memiliki halaman,” jelasnya.

Menurut Iwan yang juga Kepala Bappeda, tempat bermain bagi anak tidak harus dalam bentuk penyediaan halaman. Dengan ruang khusus bermain bagi anak, dianggap bisa memenuhi kebutuhan pelajar di sekolah yang berada di kawasan dengan lahan yang sangat terbatas.

Sekadar diketahui, salah satu sekolah tanpa halaman yang mengharuskan muridnya terpaksa harus meenggelar upacara bendera yang rutin digelar tiap hari Senin di jalan raya yang tak jauh dari Mapolresta Parepare, yakni SDN 17 Parepare yang terletak di kawasan perkotaan.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Parepare Kadarusman Mangurusi menjelaskan, khusus SDN 17, hampir tak ada soslusi untuk pengembangan sekolahnya guna menyediakan halaman bagi pelajar, baik sebagai tempat bermain maupun sebagai fasilitas untuk mata pelajaran lainnya seperti pelajaran olahraga. “Kendalanya pada keterbatasan lahan. Kecuali lokasinya dipindahkan, tapi itupun berat karena semakin sulitnya lokasi di Parepare. Satu-satunya jalan, dikembangan dengan cara dibangun berlantai,” katanya.

(Red)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!