Daerah

Pemerintah Pusat Gelontorkan Rp40 Miliar Untuk Pembangunan Waduk Parepare

AKARBERITA.COM, Parepare – Rencana pembangunan embung atau waduk penampung air baku Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ) tahun ini, akan menelan anggaran sebesar Rp40 miliar bersumber dari APBN.

Baca Juga: Kementerian PUPR Akan Bangun Waduk di Parepare

Hal itu dimemukakan Plt Kadis PUPR Parepare Kadarusman Mangurusi. Dia menjelaskan, anggaran tersebut mega proyek tahap pertama. Rencananya, pembangunan akan menempati areal seluas lima hektar mencakup dua kelurahan yang ada di Kecamatan Bacukiki, yakni Kelurahan Watang Bacukiki dan Lemoe.

Baca Juga: Pemkot Akan Siapkan Lima Hektar Lahan Untuk Pembangunan Waduk

Diketahui, proyek waduk Bacukiki tersebut, adalah proyek yang diakomodir menyusul permintaan pemkot Parepare dalam hal itu Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, terkait upaya penyediaan air bersih bagi masyarakat.

“Titik lahan sudah ada. Pemerintah tinggal melakukan pembebasan lahannya. Untuk nilai ganti rugi lahan, nantinya melibatkan tim appraisal guna penaksiran harga, yang selanjutnya disosialisasikan ke warga pemilik lahan,” tandasnya.

(Jeri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!