Daerah

Kementerian PUPR Akan Bangun Waduk di Parepare

AKARBERITA.COM, Parepare – Pemerintah pusat terus menggenjot pembangunan infrastruktur di wilayah Indonesia Timur. Salah satunya, rencana pembangunan embung atau waduk sebagai sumber air baku oleh Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kota Parepare.

Hal itu ditandai dengan kunjungan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ) guna melakukan persiapan rencana pembangunan instalasi penampungan air baku berupa embung.

Kepala BBWS-PJ T Iskandar usai bertemu dengan Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe di rumah jabatan wali kota Parepare, Selasa (23/1/) mengatakan, rencana pembangunan embung atas kesepakatan pemkot setempat terkait pelayanan air bersih melalui air baku yang disediakan BBWS-PJ.

“Pelaksanaan pembangunannya direncanakan tahun ini juga. Titik lokasi pembangunannya juga sudah kita koordinasi dengan wali kota. Proyek ini permintaan wali kota melalui gubernur dan Menteri PUPR,” paparnya.

Iskandar mengatakan, Parepare termasuk daerah yang kerap mengalami kesulitan air bersih utamanya saat memasuki musim kemarau, yang terjadi antara bulan Juni hingga September.

“Embung ini bisa menampung cadangan air agar bisa mengurangi kesulitan air warga saat kemarau,” katanya.

Terpisah, Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengatakan, Parepare menjadi salah satu daerah yang menjadi perhatian pemerintah pusat. Termasuk dengan diakomodirnya permintaan pembangunan instalasi penampungan air baku yang segera akan dibangun.

Kucuran bantuan yang mengalir dari pemerintah pusat untuk Parepare, kata Taufan, tak lepas dari kerja-kerja pemerintah yang terus berupaya meningkatpan pembangunan diseluruh sektor.

“Termasuk masalah persediaan air bersih untuk masyarakat. Karena pemerintah Parepare tahu apa yang dibutuhkan masyarakatnya,” jelasnya.

(Jeri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!