Daerah

Peduli Kemanusiaan, RSUD Andi Makkasau Gelar Donor Darah

AKARBERITA.com, Parepare – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kemanusiaan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, melalui bidang pelayanan kesehatan, Kamis (16/8) menggelar Bakti Sosial (baksos) donor darah di Lapangan Andi Makkasau Parepare. Kegiatan bertema Kerja Kita Prestasi Bangsa tersebut, terlaksana dengan bekerjasma Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Parepare.

Koordinator Pelaksana Bidang Pelayanan Kesehatan Fitriani mengatakan, kegiatan juga bentuk partisipasi managemen rumah sakti bertipe B tersebut dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73 tahun ini. “Baksos juga melibatkan Rumah Sakit Fatima dan Sumantri. Selain puskesmas,” ujarnya.

Sebanyak 60 kantor darah, kata Fitriani lagi, disiapkan bagi masyarakat yang akan mendonorkan darahnya pada kegiatan tersebut.

Selain baksos donor darah, tambah Firtiani, baksos lainnya juga digelar di tiap wilayah puskesmas yang tersebar pada empat kecamatan di Parepare, berupa sunatan massal, yang akan digelar hingga akhir Agustus mendatang. “Dan itu gratis untuk masyarakat,” katanya.

Sementara Wakil Kepala Unit Transpusi Darah (UTD) PMI Cabang Parepare Andi Cenrara mengemukakan, beberapa indikator yang harus dipenuhi calon pendonor darah diantaranya harus berusia di atas 17 tahun, pasien harus sehat, tekanan darah normal, timbangan minimal 45, tidak sedang haid, serta tidak dalam kondisi menyusui. “Dan tentunya tidak mengidap penyakit HIV.

(Syari)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!