Regional

Panen Perdana Kebun Kedelai Percontohan Kodim Majene

AKARBERITA.COM, Majene – Kebun kedelai percontohan Kodim Majene, di Leppe, Kelurahan Lembang, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Selasa (30/01), panen perdana. Kegiatan dihadiri Dandim 1401/Majene Letkol Inf Rahman, Wakil Bupati Majene Lukman, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Majene Burhan Usman, serta staf dan personil dalam lingkup Kodim 1401/Majene.

Dandim Rahman mengatakan, panen yang dilaksanakan adalah hasil dari kerja sama antara Kodim Majene dengan Distanakbun Majene, yang dimulai dari menanam hingga panen. Melalui panen perdana tersebut, katanya, ke depan tanaman kedelai bisa menjadi komoditi perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan banyaknya lahan kosong di wilayah Majene.

“Panen ini merupakan bukti pendampingan TNI khususnya Kodim Majene kepada masyarakat, agar masyarakat tidak bergantung dengan daerah lain. Diharapka pula, kegiatan ini dikembangkan guna mencapai ketahanan pangan, dan swasembada pangan.,” katanya.

Sementara Distanakbun Majene Burhan menjelaskan, menjadi kebanggaan karena untuk kali pertama hasil kebun kedelai percontohan tersebut bisa dipanen. Dia juga berharap, produksi kedelan bisa terus meningkat dan mengajak masyarakat ikut menyukseskan kegiatan tanam dan panen berikutnya,” ujarnya.

Pada kegiatan yang sama, Wabup Majene Lukman mengatakan, pemerintah setempat mengapresiasi kerja keras jajaran Dandim Majene sehingga kebun percontohan kedelai menuai hasil yang memuaskan.

“Hari ini kita panen, besok kita tanami kembali, hal itu juga dalam rangka menuju revolusi hijau di Majene. Sehingga, jangan sampai ada tanah kosong yang tidak tertanami,” ujarnya.

Lukman menambahkan, panen tersebut juga merupakan tindak lanjut dari kegiatan penanaman beberapa bulan yang lalu, yang dilaksanakan atas kerja sama dari TNI dan pihak terkait. Masyarakat, kata Lukman lagi, pun diharapkan bisa terpacu agar lebih giat lagi dalam bercocok tanam. “Agar swasembada kedelai di Majene bisa lebih meningkat.

(L Alimin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!