Nasional

Merah Putih Berkibar di Laut Samalona

AKARBERITA.com, Makassar – PT Garuda Indonesia (GA) Cargo bekerjasama dengan Klub Akademi Selam dan Eksplorasi Laut (Asel) Indonesia menggelar aksi Go Express di Pulau Samalona, Kota Makassar. Sabtu (11/8)

Kegiatan Go Express ke Samalona ini juga akan dirangkai tiga kegiatan sekaligus, yakni pembentangan replika bendera Merah Putih di bawah laut, menurunkan Rumpon Ikan, dan aksi bersih-bersih laut dari sampah plastik.

Vice President Cargo Commercial Rene van Joost yang ikut langsung dalam aksi tersebut mengatakan, sebagai perusahaan yang banyak mengangkut hasil laut, khususnya Indonesia Timur Indonesia, maka aksi terkait kelestarian laut menjadi hal yang sangat didukung oleh GA Cargo.

“Kami berharap, dengan aksi tersebut, bisa lebih meningkatkan produksi hasil laut kita, dan laut tetap terjaga,” ujar dia.

Sementara itu, menurut penanggungjawab kegiatan dari Asel, Prayogo Prastyo Bagus Kusuma, pihaknya sangat berterimakasih kepada Garuda Indnesia. Sejalan,dengan cita-cita Garuda Indonesia Cargo terhadap laut, sekaligus merupakan peringatan kemerdekaan RI yang ke-73.

Lanjut alumnus Fakultas Kelautan UMI tersebut, kegiatan ekplorasi laut tersebut perlu dilakukan guna menjaga ekosistem laut dari ancaman kerusakan. Apalagi, laut merupakan sumber pangan terbesar di bumi ini, maka
sebagai penyelam, pihaknya juga turut berpartisipasi dalam kelestarian ekosistem laut.

“Sebagai generasi penerus tentunya harus mengisi kemerdekaan itu dengan hal-hal positif, dan menumbuhkan wawasan kebangsaan,” ujar Yogo, yang juga anggota Mapala UMI tersebut.

Dalam rangka hari kemerdekaan yang ke-73 ini juga, lanjut Yogo, para penyelam juga dituntut untuk mengisi hari kemerdekaan dengan cara berbeda.

Pembentangan kain Merah Putih ukuran 7×3 meter, pada kedalaman 17 meter di bawah permuakaan laut, mengumpulkan sampah anorganik dari dasar laut.

Sekadar diketahui, Pulau Samalona salah satu pulau di gugusan merupakan spermonde, memakan jarak tempuh sekitar 1 jam dari Makassar, adalah salah satu obyek wisata bahari yang berpasir putih dan berpenduduk sedikit.

Selain itu, masih banyak terumbu karang dan beberapa jenis ikan yang ada di sana, sehingga lokasi tersebut seringkali dijadikan sebagai spot penyelaman atau snorkeling dari baik domestik maupun internasional yang datang ke Sulsel.

(Yudha)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!