Daerah

Lutfie Natsir Pimpin Upacara HUT Damkar ke-99 Tahun

AKARBERITA.com, Parepare – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran yang ke-99 tahun, Selasa (17/4) diperingati melalui kegiatan upacara, dipimpin Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Parepare Lutfie Natsir, di halaman upacara Balai Kota Parepare.

Lutfie dalam sambutannya mengatakan, keberadaan damkar tak sebatas pasif dalam menjaga wilayah kota dari ancaman kebakaran, tapi juga harus berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan dan memberikan perlindungan masyarakat. “Tujuannya, bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Hal itu, kata Lutfie yang juga Kepala Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), adalah bagian dari pelaksanaan Nawa Cita dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Sub kebakaran, kata Lutfie, pun setara dengan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar lainnya. Seperti sektor pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, sosial dan sektor-sektor lainnya.

Aparatur pemadam kebakaran, tambah Lutfie, juga dituntut ikut melayani masyarakat pada operasi penyelamatan non kebakaran. Misalnya, kata dia, hadir dalam upaya penanganan kecelakaan, banjir dan upaya pengamanan masyarakat.

“Diusianya yang ke-99, ke depan kita harapkan kapasitas aparatur dan kelembagaan damkar, agar berimbas positif pada terwujudnya perlindungan masyarakat dalam mencapai tujuan pembangunan negara,” papar Lutfie.

Dalam kegiatan yang dihadiri puluhan petugas damkar Parepare tersebut, Lutfi juga menyerahkan penghargaan kepada sejumlah ASN berprestasi dan pemenang lomba tingkat kelurahan yang membawa Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki pada peringat pertama, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat pada peringat dua dan Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Soreang pada peringat tiga.

(Dwi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!