Politik & Parlemen

Ini Skenario Yang Bisa Tumbangkan Petahana di Parepare

AKARBERITA.COM, Parepare – Dari hasil survei yang dilakukan Konsultan Citra Iindonesia (KCI) dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network, terkait kepuasan kerja incumbent dan peluang penantang pada Pilkada Serentak pada Pilkada Serentak tahun ini, Elektabilitas Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) petahana HM Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) berada pada angka 60,40% . Angka tersebut jauh di atas penantangnya Achmad Faisal Andi Sapada-Asriadi Samad (FAS), yang hanya berada di posisi 24,10%.

Meski mengklaim pasangan TP sebagai petahana perkasa karena juga dianggap mampu meraih 85,9% simpatik publik yang puas terhadap kinerjanya selama kurang lima tahun memimpin Parepare, dibanding rifalnya Faisal Andi Sapada selaku Wakil Walikota Parepare hanya mencapai 54,6%, namun potensi tsunami anti petahana dianggap bisa menjadi skenario strategi yang mampu menumpangkan TP pada pilwalkot Juni mendatang.

Baca Juga: Rilis Hasil Survei, LSI Sebut TP Sulit Ditumbangkan

Hal itu dikemukakan Manager Peneliti Strategi LSI Rasmuddin usai merilis hasil survei KCI-LSI Network, kemarin. Rasmuddin bahkan mencontohkan pilkada dengan petahana yang mengantongi survei tinggi namun tumbang oleh penantangnya, yakni pada Pilgub DKI Jakarta tahun lalu. “Ahok surveinya sangat tinggi ketika itu. Namun tumbang lantaran diserang berbagai isu yang dilakukan secara masif,” ujarnya.

Hal yang sama, kata Rasmuddin lagi, juga dialami Burhanuddin Baharuddin, petahana pada pilkada di Kabupaten Takalar tahun lalu. Meski elektabilitasnya tinggi, namun karena tidak berbading lurus dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah berimbas pada kemenangan rivalnya Syamsari Kitta-Achmad Daeng Se’re.

Lihat: VIDEO : Rilis Hasil Survei LSI Terkait Pilwalkot Parepare

“Berbeda dengan Parepare yang tingkat kepuasan masyarakatnya terhadap kinerja pemerintahan Taufan Pawe menembus angka lebih 80%. Itu angka yang perkasa. Sementara Takalar waktu yang dikategorikan rapuh yakni hanya berkisar di angka 50%,” papar Rasmuddin.

Baca Juga: Pilwalkot Parepare: LSI Prediksi Kemenangan Taufan-Pangerang Mencapai 80%

Tapi, kata Rasmuddin lagi, potensi tsunami anti petahana khusus di Parepare hampir tidak ada. Kalaupun,  kompetitor atau penantang melakukan upaya tersebut atau berusaha menggerus suara TP, dipastikan tidak akan mempengaruhi posisi TP, meski dilakukan secara masif sekalipun. “Kalaupun itu terjadi, tergantung pasangan TP menangkal serangan tersebut. Kami hanya sebatas melakukan survei,” tandasnya.

Baca Juga: Usung Taufan-Pangerang Demokrat Akan Intenskan Sosialisasi TP

Dia menambahkan, hasil survei elektabilitas TP yang dirilis KCI-LSI Network belum lama ini, pun masih dalam posisi yang belum bergerak. “Itu posisi normal. Belum ada pergerakan. Tentu akan naik ketika TP melakukan kampanye secara masif.

(Jeri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!