Daerah

Bupati Hadiri Syukuran Panen Di Cempa

AKARBERITA.com, Pinrang – Bupati Kabupaten Pinrang Aslam Patonangi menghadiri acara syukuran panen di Desa Tanra Tuo, Kecamatan Cempa, Pinrang, Senin (1/4). Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Janggo Kalikking berlangsung secara meriah dan disuguhi atraksi budaya warga setempat.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Pinrang didampingi Bupati terpilih Andi Irwan Hamid, Kapolres AKBP Bambang Suharyono serta Dandim 1404 Letkol ARM Lukman Sasono.  Prosesi acara dimulai dengan doa syukur atas hasil panen dicapai, gelar tari daerah, duel pencak silat diiringi Mappadendang dan balap motor taksi gabah disekitar areal sawah.

Aslam mengapresiasi atas inisiasi masyarakat petani di Desa Tanra Tuo yang menggelar acara syukuran. Selain itu, kata Aslam lagi, kegiatan ini dinilai bisa meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan tetap terjalin.

“Panen kali ini menghasilkan 6 ton ton perhektar merupakan hasil panen yang menggembirakan patut disyukuri, sekecil apapun hasil usaha yang diharapkan tetap mensyukuri nikmat tuhan, bersyukur kepada Allah dan menjalin silaturahmi,” katanya.

Camat Cempa Syahrir Pawittoi mengungkapakn, syukuran panen kali ini merupakan kado istimewa karena yang hadir langsung Bupati Pinrang Aslam Patonangi bersama Bupati terpilih Andi Irwan Hamid, warga cempa mendukung program program pemerintah dibawah kepemimpinan Aslam Patonangi begitupun dengan penggantinya Andi Irwan Hamid yang akan dilantik menjadi Bupati Pinrang 24 April mendatang, masyarakat Cempa juga siap dengan program-program pemerintah kedepan.

Sementara itu, Ketua panitia Zakariah Sodding yang juga Ketua Gabungan Kelompok Tani Kecamatan  mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur disamping acara budaya yang digelar untuk membangkitkan kembali kearifan lokal yang kembali dipentaskan setalah lama tidak dilaksanakan.

Sedangkan Tokoh masyarakat setempat Baharuddin Cambang menilai antusias masyarakat dengan sejumlah acara yang diselenggarakan cukup mendapat respon sehingga nampak kegotongroyongan demi suksesnya kegiatan tersebut.

Turut hadir pada kegiatan tersebut semua petani, tokoh tani, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

(Hecha)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!