Regional

Besok, SYL Resmikan Air Mancur Menari di CPI

AKARBERITA.com, Makassar – Sulawesi Selatan memiliki ikon baru, tepatnya di Kota Makassar. Air mancur menari di depan Masjid Asmaul Husna Kubah 99, Kawasan Center Point of Indonesia. Rencananya, air mancur tersebut akan diresmikan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jumat (6/4) besok dan akan dinyalakan selama 30 menit, setelah shalat Magrib hingga menjelang shalat Isya.

Air mancur menari ini, akan menjadi pertama dengan ukuran besar di luar Pulau Jawa dan terpanjang kedua dalam ukuran lurus setelah air mancur Sri Baduga Purwakarta.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sulsel Darmawan Bintang mengatakan, gubernur dan pemprov Sulsel mengundang masyarakat untuk datang menyaksikan langsung bersama keluarga. “Air mancur ini sebagai tambahan baru hiburan bagi masyarakat Makassar,” katanya.

Usai peresmian, kata Darmawan, nantinya, air mancur tersebut akan dimainkan setiap hari. Secara teknis, katanya, air mancur tersebut memiliki panjang kolam 98 meter, lebar kolam 7 meter, tinggi kolam 1 meter, dengan 213 nozzle yang dapat menyemprot air setinggi 17 meter dan digerakkan oleh 80 pompa. Masing-masing nozzle, memiliki pencahayaan tersendiri dengan variasi sebanyak tujuh warna.

“Ini mengikuti irama musik karena terkompeterisasi, tariannya beradasarkan irama musik yang diputar, mirip yang ada di Dubai. Namun air mancur menari Makassar, bentukanya memanjang,” kata Darmawan.

Prasasti air mancur menari, tambah Darmawan, akan ditandatangni SYL pada hari peresmian sekaligus pemberian nama. “Air mancur ini akan tentunya menjadi tempat wisata baru yang bisa anda kunjungi, jika anda berkunjung ke Makassar,” pungkas Darmawan.

(Yudha)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!