Halo Kecamatan

Watang Bacukiki Terbaik Kedua Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

AKARBERITA.com, Parepare – Prestasi kembali diraih Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare. Kali ini pada skala regional. Watang Bacukiki berhasil meraih juara kedua terbaik dalam ajang Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (sulsel), berdasarkan hasil penilaian tim yang sebelumnya melakukan peninjauan langsung ke kelurahan tertua di Parepare, pada Juli lalu.

Pemaparan lanjutan, kemudian dilakukan Lurah Watang Bacukiki Supardi, di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Makassar, Agustus lalu.

Keberhasilan Watang Bacukiki, berkat terobosan dan inovasi terkait pelayanan publik yang berjalan efektif dan efisien, khususnya dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan diwilayah Kelurahan Watang Bacukiki. Yang menarik, seluruh inovasi yang dihadirkan, menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat secara langsung, berdasarkan kearifan lokal.

Salah satunya, program Perempuan Peduli Lingkungan yang diselenggarakan untuk meningkatkan kegotongroyongan dengan kerja bakti bersama yang rutin dilaksanakan setiap hari minggu.

“Kegiatan ini dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga dan dilakukan tidak hanya disatu tempat tetapi berbeda setiap minggunya. Tidak hanya itu, kegiatan peduli lingkungan juga dilaksanakan penghijauan pada titik – titik tertentu,” kata Supardi, Senin (17/9).

Inovasi lainnya, kata Supardi, Watang Baccukiki Peduli Sesama, yang dilakukan melalui program jimpitan serta Watang Bacukiki mengaji, dalam rangka mewujudkan kelurahan daerah yang bebas buta huruf hijaiyah.

“Tentunya seluruh inovasi tersebut menggunakan konsep pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan masyarakat secara langsung, kami pemerintah setempat hanya mendukung dan memfasilitasinya,” paparnya.

Sementara Camat Bacukiki HM Iskandar Nusu mengatakan, mengapresiasi prestasi yang berhasil diraih Watang Bacukiki. Apalagi, katanya, keikutsertaan Watang Bacukiki pada lomba ini ingin menunjukkan sisi lain dari kelurahan yang ada di Parepare, yang letaknya bukan di pusat kota.

“Meski belum menjadi terbaik pertama pada lomba ini, tetapi hasil ini sudah merupakan capaian yang luar biasa. Ini membanggakan. Ini sudah menjadi bukti, jika Watang Bacukiki mampu bersaing dengan kelurahan lainnya yang berada di pusat kota,” kata Iskandar.

Sekadar diketahui, penerimaan trophy dan piagam penghargaan kepada kelurahan yang berhasil menjadi juara pada lomba kelurahan ini dijadwalkan digelar pada 23 September 2018 mendatang, oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Kota Makassar.

(Gits)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!