Parepare

Wali Kota Parepare Lepas 125 JCH Parepare Tahun 2023

AKARBERITA.com, Parepare – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, melepas Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Parepare Musim Haji Tahun 1444H/2023 Masehi, di Auditoriun BJ. Habibie Rujab Wali Kota Parepare, Selasa (23/5/2023).

Hadir, Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, Ketua TP PKK Parepare, Erna Rasyid Taufan, Kepala Kantor Kemenag Parepare, Fitriady, dan pejabat lingkup Pemerintah Kota Parepare.

Taufan mengatakan, menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslimin dan muslimat sedunia bagi yang mampu baik material, fisik, maupun keilmuan dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji atau bulan Dzulhijah.

“Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 dzulhijjah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf atau berdiam diri di Padang Arafah pada tanggal 9 dzulhijjah, dan berakhir setelah melempar jumrah atau melempar batu yaitu simbolisasi setan dan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Masyarakat Indonesia biasa menyebut juga hari raya Idul Adha sebagai hari raya haji, karena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini,” katanya.

Taufan menjelaskan, ibaadah haji yang akan JCH laksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara.

“Kita semua hendaknya dapat memahami hakikat dari ibadah haji itu sendiri, yaitu ibadah secara total. Bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata,” jelasnya.

Taufan mengungkapkan, pihaknya berharap keberangkatan para JCH, selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Karena itu, lanjut dia, pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan, hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain.

“Pada musim haji kali ini, saya berpesan kepada para jamaah sekalian, untuk menjaga kesehatan dan selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan paramedis yang bertugas. Apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan. Sebelum mengakhiri sambutan ini saya ingin menitipkan harapan kepada jamaah haji Kota Parepare, agar senantiasa mendoakan daerah yang tercintai ini, semoga kemakmuran dan kesejahteraan rakyat terus meningkat. Dan do’akan agar pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Presiden serentak tahun 2024 berjalan dengan aman, lancar serta kondisi Kota Parepare dalam keadaan kondusif,” paparnya.

Taufan menambahkan atas nama pemerintah dan pribadi saya ucapkan selamat menunaikan Ibadah Haji Tahun 1444 H/2023 M, dengan iringan doa yang tulus dan ikhlas, semoga menjadi Haji Mabrur.

“Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat, karunia, dan jalan yang mudah kepada kita semua, aamiin,” tandasnya.

Sekadar diketahui, adapun JCH dengan usia termuda yaitu Hasdiana 22 tahun, dan usia tertua yaitu Imma 102 tahun.
(Ayu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!