Regional

Wakil Ketua Komisi IX DPR Pantau Penanganan Korban Bencana Palu

AKARBERITA.com, Makassar – Sebagai bentuk empati, Wakil Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Syamsul Bachri, Rabu (3/10) melakukan kunjungan ke Rumah Sakit (RS) Wahidin Sudirohusodo Kota Makassar, untuk memantau kondisi korban bencana Palu yang masih menjalani perawatan.

Syamsul diterima oleh Direktur Utama RS Wahidin Sudirohusodo Khalid Saleh, didampingi Direktur Umum Sriyati Palaguna, serta sejumlah dokter yang menangangi pasien. “Ini untuk memastikan kondisi para korban bencana yang terjadi di Palu dan Donggala,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, Syamsul juga menyempatkan waktu memantau ruang Instalasi Gawat Darurat dan beberapa ruang perawatan.
Kunjungan, kata Syamsul, juga untuk memastikan ketersediaan obat, termasuk tenaga dokter dan perawat untuk menangani para korban.

“Secara umum, semua berjalan baik. Baik layanan pada IGD maupun ruang perawatan. Termasuk penanganan di ruang bedah. Bahkan, beberapa pasien ditempatkan di ruang perawatan yang sangat memadai,” papar Syamsul.

Ditambahkan Syamsul yang juga Senator Partai Golkar, beberapa kendala yang mulai dalam penanganan para korban terkait kebutuhan yang mendesak terutama logistik obat-obatan untuk menangani banyaknya pasien korban dari bencana Palu.

Dan berdasarkan pengakuan Dirut RS Wahidin, kata Syamsul lagi, rumah sakit rujukan tersebut juga membutuhkan tambahan perawat dan dokter untuk menangani pasien.

“Atas kebutuhan mendesak ini, saya langsung telepon ibu Menteri Kesehatan dan Dirjen Pelayanan Medis Kemenkes, untuk membantu berbagai kebutuhan penanganan pasien, baik dalam bentuk obat-obatan maupun tambahan tenaga perawat dan dokter,” katanya.

Pihaknya, jelas bersyukur karena Menkes beserta Dirjen Pelayanan Medis, tengah berada di lokasi kejadian. Terlebih, lanjutnya, saat dihubungi Menkes merespon dengan baik dan berjanji segera memenuhi permintaan dari RS. Wahidin. “Kita semua berharap, semua pasien korban gempa dan tsunami ini bisa tertangani dengan baik. Mereka sangat membutuhkan bantuan kita.

(Luki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!