Daerah

Wabup Hadiri Rapat Penyampaian Rekomendasi LKPJ 2018

AKARBERITA.com, Gowa – Dalam rangka Penyampaian Rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa Terhadap Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Gowa, DPRD Gowa menggelar rapat paripurna di Kantor DPRD, Rabu (24/4). Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni.

Rauf mengatakan, LKPJ Bupati Gowa 2018 telah diserahkan pada 26 Maret 2018 lalu. Hal ini merupakan amanat Undang-undang RI bahwa sepatutnya kepala daerah menyampaikan laporan pertanggungjawabannya kepada DPRD sebagai ukuran untuk mengetahui realisasi keberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“LKPJ ini wajib disampaikan 1 kali dalam 1 tahun paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” katanya.

Menurutnya, LKPJ Bupati Gowa ini disusun berdasarkan rencana kerja pemerintah daerah dan merupakan pertanggungjawaban bupati untuk tahun ketiga pada periode rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Gowa 2016-2021.

Dalam LKPJ 2018 ini, lanjut Rauf, telah dituangkan laporan tahunan yang memuat seluruh program dan kegiatan pembangunan yang disusun berdasarkan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan dan prioritas daerah. Termasuk kebijakan pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, penyelenggaraan tugas pembantuan serta penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.

“Sekaligus ini dalam rangka tugas dan kewajiban dalam melakukan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Gowa,” ujarnya.

Rauf menambahkan, LKPJ 2018 ini telah diperiksa dan diteliti oleh panitia khusus (pansus) DPRD yang prosesnya melalui tahapan klarifikasi data ke masing-masing SKPD penanggung jawab urusan. Selain itu juga telah dilakukan rapat koordinasi serta konsultasi yang dilakukan pansus, sehingga menghasilkan sejumlah rekomendasi kebijakan.

“Hasil rekomendasi ini akan menjadi bahan perbaikan pada SKPD sebagai penanggungjawab urusan. Sehingga pada akhirnya dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil kebijakan terkait penyusunan program dan kegiatan serta penggunaan anggaran yang lebih efektif dan efesien,” ujarnya.

Wabup Gowa dalam kesempatan tersebut menyampaikan terimakasihnya kepada jajaran DPRD Gowa khususnya pansus yang telah bekerjasama dalam mendorong pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan di Gowa.

(Henra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!