Daerah

UPTD Puskeswan Lakukan Vaksinasi Anthraks dan Rabies

AKARBERITA.com, Maros – Unit Pelaksana Teknik Daerah Pusat Kesehatan Hewan (UPTD Puskeswan) Kabupaten Maros meggelar vaksinasi anthraks dan rabies di lingkungan Macoa, Kelurahan Soreang, Kecamatan Lau

Kepala UPTD Puskeswan Dinas Pertanian Maros Ujistiani Abidin mengatakan, saat melakukan valsin anthraks, sekitar 35 ekor sapi yang mendapat pelayanan kesehatan. Kegiatan vaksin ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan UPTD Puskeswan.

“Berdasarkan tugas pokok dan fungsinya, kami hari ini melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan hewan, dengan cara pelayanan aktif, yakni mendatangi kandang hewan. Salah satunya kegiatan vaksinasi anthraks dan rabies yang rutin setiap tahunnya dilakukan,” jelasnya.

Sebelumnya, kata Ujis, pihaknya berkoordinasi dulu dengan pemerintah setempat dan kolega penyuluh. Pasalnya tidak semua warga menyetujui pelaksanaan vaksin ini. “Alhamdulillah hari ini, sekitar 35 ekor sapi yg mendapat pelayanan kesehatan secara gratis.Tepatnya di lingkungan Macoa, Kelurahan Soreang, Kecamatan Lau,” katanya.

Untuk pelaksanaan vaksin antrhaks dan rabies ini, lanjut Ujis, pihaknya menurunkan personil dari medik veteriner (dokter hewan) dan beberapa paramedis dan vaksinator.

“Untuk pelaksanaan vaksinnya, kami menunggu Informasi dari pemerintah setempat dan masyarakat akan menjadwalkan kembali di tempat yg berbeda. Kami menunggu konfirmasi waktu kesiapannya peternak,” ungkapnya.

Sementara ituTenaga Harian Lepas (THL) Medik Veteriner Nana Junita menambahkan, kegiatan vaksinasi massal ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan di bulan April. Untuk kegiatan vaksinasi massal dikoordinasikan dengan pemerintah setempat dan masyarakat.

“Namun tugas kami yang lain setiap hari menerima pasien, baik pelayanan aktif (visit ke kandang/berkunjung) atau pun pelayanan pemeriksaan hewan di puskeswan dan pelayanan pemeriksaan laboratorium. Karena kami bekerja sesuai motto Hewan Sehat Kita Sehat. Mensejahterakan manusia lewat kesehatan hewan. Kesehatan Hewan Untk Kesehatan Manusia,” pungkasnya.

(Naila)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!