Parepare

Tingkatkan Standar Mutu, Pemkot Parepare Benahi Pasar Sumpang Minangae

AKARBERITA.com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare, melalui Dinas Perdagangan, kembali melakukan pembenahan di Pasar Rakyat Sumpang Minangae, Senin (13/3/2023).

Setelah mengantongi akreditasi Standarisasi Nasional Indonesia (SNI), kali ini Pemkot Parepare benahi Pasat Sumpang Minangane dalam peningkatkan standar mutu dan kulitas produk pasar dengan menerbitkan International Standardization Organization (ISO).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare Prasetyo Catur menjelaskan, saat ini Pemerintah Kota Parepare mengupayakan pasar sumpang memiliki label ISO setelah mendapatkan akreditasi SNI.

“Setelah kita didampingi kemarin oleh lembaga survey BSML di Makassar, ada beberapa persyaratan yang harus kita laksanakan berupa perbaikan-perbaikan. Ini adalah untuk meningkatkan ISO pasar sumpang dari 8152 menjadi ISO 2021,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, produk yang memiliki label ISO atau SNI, berarti kualitasnya terjamin mulai dari pembuatan hingga kualitas dan kelayakan produk.

“2021 mendapatkan pasa Sumpang Minangae mendapatkan akreditasi Standar Nasional Indonesia (SNI), dan saat ini kita ingin tingkatkan lagi agar kelasnya lebih naik lagi,” ujarnya.

Peningkatan ISO pasar sumpang lanjut dia, berdampak pada peningkatan kualitas, seperti mengubah imej pasar yang kurang diminati menjadi lebih baik. Pasar mendapat SNI jika memenuhi persyaratan diantaranya, bersih, sehat, zonasi kios, pengelola pasar yang profesional, pengelolaan sampah, hingga ramah disabilitas.

“Contoh, seperti pasar ini tidak mempunyai kloset duduk hanya mempunyai WC kloset jongkok. Nah ini kami harus menyiapkan kloset duduk, karena itu adalah salah satu syarat. Kedua pasar ini harus mempunyai zonasi pedagang, kita juga adakan terkait dengan disabilitas, kita pasangkan pegangan untuk mereka naik atau masuk ke dalam pasar,” urainya.

Dengan adanya ISO ini, tambahnya, pedagang sudah mulai diatur dan mulai tertata dan kualitas daripada pangan yang ada di pasar ini, lebih terjaga lagi.

Ia berharap, pasar Sumpang ini bisa mendapatkan peningkatan ISO dengan melakukan beberapa perbaikan-perbaikan, sehingga nantinya pasar tersebut bisa bersaing secara internasional namun target utamanya tetap pasar lokal.
(Ayu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!