Daerah

Sebanyak 12.834 Pelajar di Gowa Ikut UNBK

AKARBERITA.com, Gowa – Sebanyak 12.834 Pelajar Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri maupun Swasta di Kabupaten Gowa mengikuti pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Gowa Salam usai melakukan pemantauan UNBK di sekolah SMPN 1 Sungguminasa, Senin (22/4).

“Ada sekitar 109 sekolah SMP Negeri maupun swasta di Gowa. Yang ikut UNBK tahun ini ada 17 sekolah,” katanya.

Ia juga mengatakan, bahwa khusus untuk siswa-siswi yang tidak mengikuti ujian akan cepat dilaporkan ke pusat sehingga mendapat kesempatan untuk melakukan ujian susulan seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kami akan segera melaporkan pusat jika masih ada siswa yang tidak dapat ikut ujian,” katanya.

Salam menambahkan, secara substansi UNBK memang belum dimaksimalkan di sekolah yang ada di Gowa. Faktor kendalanya pun bukan karena sarana prasarana seperti komputer, tetapi dipengaruhi oleh keadaan geografis seperti sekolah di daerah dataran tinggi.

Hanya saja tegas Salam, hal ini akan dimaksimalkan kedepan. Sehingga diharapkan tahun depan utamanya sekolah di dataran rendah dapat melakukan sistem UNBK.

“Sebenarnya UNBK atau online dan ujian sistem manual atau offline sebenarnya adalah sebuah instrumen saja. Karena durasi waktu ujian maupun soal ujian sama antara keduanya, hanya saja kualitas dan instrumen pendidikan semakin maju dari masa ke masa,” terangnya.

(Henra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!