Daerah

Puluhan Calon PMI Maros Dibekali Keterampilan

AKARBERITA.com, Maros – Mengasah kemampuan calon tenaga kerja agar lebih terampil, utamanya yang akan menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Kabupaten Maros bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Sulsel, menggelar pelatihan dan pembekalan terhadap puluhan calon PMI.

Kepala Disnakertrans Maros Muhammad Ferdiansyah mengatakan, pelatihan dinilai penting agar calon pekerja nantinya lebih siap dan terampil ketika terjun ke dunia kerja luar negeri. Pasalnya, kata dia, sejauh ini tak sedikit PMI yang nekat ke luar negeri menjadi pekerja tapi tidak memiliki keterampilan.

“Dengan pembekalan keterampilan yang diberikan melalui pelatihan ini, seluruh PMI kita harapkan menjadi calon tenaga kerja yang terampil dan siap pakai,” kata Ferdiansyah.

Sekadar diketahui, materi pada kegiatan pelatihan diantaranya pembekalan cara loundry dan menyetrika uap, cara menata meja, dan beberapa keterampilan lainnya. Tak hanya sebatas keterampilan, pada kegiatan itu, PMI juga diberi pemahaman terkait negara tujuan, baik itu dari segi kebudayaan, kebiasaan dan adat istiadat negara tersebut.

Sejumlah pelatihan mengaku, kegiatan pembekalan dan pelatihan memberi banyak manfaat buat mereka, utamanya gambaran terkait metode dan sistem kerja PMI di luar negeri.

(Naila)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!