Daerah

Program Ayam Buras Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Kabupaten Barru

AKARBERITA, Barru – Salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Barru, mulai tahun ini Pemerintah Kabupaten Barru akan menjalankan program sejuta ayam bukan ras (buras). Hal ini disampaikan oleh Bupati Barru Suardi Saleh, kemarin saat ditemui di kantornya.

Suardi mengatakan, program ini akan berjalan di awal tahun 2018 dan lewat program itu pemerintah akan memberikan bantuan ayam ke desa desa yang ada di wilayah Barru. Sebanyak 45 ekor bibit ayam buras akan di bagikan secara gratis.”Bantuan itu kita berikan secara bertahap yaitu selama tiga bulan. Selain itu, Pemkab Barru juga akan menyiapkan pakan serta tenaga pendamping yang akan memberikan pendampingan baik secara teknis maupun manajerial,” katanya

Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Maros selain untuk pengentasan kemiskinan di Barru, program ini sekaligus menjadi second income atau pendapatan tambahan bagi masyarakat disamping aktifitas lainnya.

Suardi juga menjelaskan, secara teknis penyaluran ayam buras ke setiap warga miskin di desa sebanyak 15 ekor perbulannya.
“jika di bulan ini kami menyalurkan 15 ekor itu akan berlanjut hingga tiga bulan kedepan mencapai 45 ekor per desa, untuk dibesarkan kemudian dijual atau dipasarkan.” jelasnya.

Suardi mengharapkan, dengan adanya program ini secara otomatis akan meningkatkan perekonomian di desa. Bila program tersebut berjalan dengan baik dan lancar sehingga Kabupaten Barru juga akan menjadi sentra pengembangan ayam Buras di Sulsel.

(AB)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!