Daerah

Pokjaluh Kemenag Parepare Gelar Raker

AKARBERITA.com, Parepare – Kelompok kerja penyuluh (Pokjaluh) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Parepare, menggelar rapat kerja (raker), di Kebun Raya Jompie, Kamis (9/3/2023), dibuka Kepala Kemenag Parepare, Fitriadi. Kegiatan tersebut, meningkatkan sinergitas dan koordinasi antara penyuluh agama di Parepare.

Ketua Panitia Ambaba mengatakan, kegiatan melibatkan petugas penyuluh agama se Kota Parepare. Tujuannya untuk menyamakan persepsi para pengurus baru periode 2022-2026. Menurutnya, pentingnya meningkatkan kualitas dan mutu para penyuluh agama melalui raker.

“Ini menjadi wahana awal untuk membuat evaluasi dan pembuatan rencana kerja kedepan terkait dengan tugas pelaksanaan penyuluh. Hal ini dilakukan agar dapat mengukur tingkat keberhasilan tugas-tugas para penyuluh di masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan, sebagai penyuluh mempunyai peranan yang sangat penting dalam masyarakat. Oleh karena itu para penyuluh dituntut untuk bisa memainkan perannya sesuai dengan fungsinya.

“Penyuluh itu harus bisa menyampaikan informasi yang benar dan juga berimbang, watawa shoubil haq agar masyarakat tidak hanya menerima dari satu arah,” jelasnya.

Sementara Ketua Pokjaluh, Sabuddin mengemukakan, raker diharapkan dapat melahirkan program kerja yang dapat dilaksanakan Pokjaluh atau penyuluh yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh untuk melakukan bimbingan.

Raker, kata Sabuddin, membentuk tiga komisi yang masing-masing melahirkan program, diantaranya Komisi A merancang program kesekretariatan, keorganisasian, data, pemberdayaan ekonomi, kesehatan masyarakat. Komisi B dengan program hukum dan advokasi, sosial budaya dan profesi dakwa. Dan Komisi C melahirkan program pembentukan tim magrib mengaji, publikasi dan dokumentasi.

“Program tersebut merupakan Rangkaian program yang menunjang pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan yang dilakukan oleh penyuluh Agama di Kota Parepare,” tandasnya.

(Ayu)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!