Daerah

Peringati HPSN, PT Pertamina-Pemkot Sinergi Bersihkan Sampah Pinggir Laut Lakessi

AKARBERITA.com, Parepare – Bersih pangkal sehat, jika membudayakan hidup bersih maka hasilnya hidup akan menjadi sehat. Itulah pribahasa yang bisa digambarkan dalam kegiatan pembersihan sampah oleh PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi yang bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare juga Komunitas Forum Komunitas Hijau, di pinggiran laut belakang Pasar Lakessi, Selasa (26/2).

Operation Head TBBM Parepare Ismin Nuryadin mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan harapan masyarakat dapat menyadari betapa pentingnya hidup bersih.

“Kita sebenarnya merencanakan kegiatan ini pada tanggal 21 Februari, namun karena ada kendala dilaksanakan hari ini untuk membantu masyarakat sekitar dalam memerangi sampah laut, penanganan sampah tersebut juga sebagai motivasi untuk masyarakat agar menyadari pentingnya lingkungan bersih,” paparnya.

Ismin berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, PT Pertamina menjadi pelopor dan dapat dilakukan berkelanjutan oleh Pemkot, agar Parepare lebih bersih apalagi Parepare merupakan salah satu kota yang mendapat piala Adipura.

“Saat kami sebagi pelopor saja, mungkin ada teman DLH mudah-mudahan melaksanakannya secara berkesinambungan dan tidak menutup kemungkinan kami juga akan kembali bersinergi dan melakukan pembersihan semaksimal yang kami mampu, apa lagi CSR ada beberapa poin penting termasuk penghijauan juga kebersihan,” tambah Ismin.

Sedangkan Lurah Lakessi Parepare Awaluddin mengungkapkan, kegiatan bertemakan memerangi sampah laut dipesisir pantai tersebut direncakan akan dilakukan secara berkesinambungan, agar sepanjang pinggiran laut di Parepare terkhusus di Kelurahan Lakessi terlihat indah dan bersih dari sampah laut.

“Insyaallah akan dilakukan pembersihan selama lima hari dimulai hari ini, agar bisa menarget seluruh sampah laut dapat diangkut, kita berharap agar masyarakat juga menyadari untuk bisa hidup sehat dengan menjaga lingkungan agar sampah tidak lagi menumpuk di pinggir laut, dan masyarakat dapat merasakan hidup sehat dengan lingkungn yang bersih,” Harapnya.

Satu mobil excavator dan truk angkut sampah digunakan dalam pembersihan sampah laut pada peringatan HPSN. Mulai pagi hingga siang tadi, sampah beserta lumpur yang telah diangkut mencapai belasan angkutan truk untuk dipindahkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

(Nurfadila Wahid)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!