Regional

Pengurus PMI dan KNPI Sangkarrang Gelar Aksi Bersih Sampah

AKARBERITA.com, Makassar – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Kepulauan Sangkarrang menggelar aksi bersih-bersih sampah di Pulau Kodingareng Keke. Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Aksi bersih yang dikemas dalam bentuk kegiatan yang dinamai Gladian Pemuda Sangkarrang ini dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari 24 Organisasi Kepemudaan (OKP) dan komunitas.

Sekretaris Panitia Kegiatan Irwan Roa mengatakan, bahwa kegiatan aksi bersih-bersih sampah ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan yang ada di Pulau.

“Pesertanya itu ada dari Makassar, Gowa, Takalar, dan Maros. Bahkan ada juga dari luar Sulsel, seperti dari Kalimantan Utara itu ada perwakilan dari kabupaten Bulungan, Berau, dan Nunukan,” katanya, Jumat (5/4/).

Irwan menambahkan, meskipun lokasi kegiatan dilaksanakan di Pulau Kodingareng Keke yang notabenanya tidak berpenghuni, namun tetap saja ada banyak sampah ditemukan.

“Kami banyak menemukan sampah, misalnya sampah plastik, botol minuman dan lain sebagainya. Kami hanya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan kesaadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan khususnya di daerah Kepulauan,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta kegiatan, Mirdat Wahyu Abdillah yang menjabat sebagai Ketua Umum Keluarga Pelajar Mahasiswa Kabupaten Bulungan Makassar menyampaikan, rasa terima kasih kepada panitia penyelenggara kegiatan Gladian Pemuda Sangkarang 2019.

Mirdat mengakui, bahwa melalui kegiatan ini banyak hal yang bisa dipetik. Terutama bagaimana memikirkan penanggulangan dampak sampah terhadap daerah yang terjadi di pulau.

“Melihat kondisi sampah yang berserakan di pulau Kodingareng Keke ini membuat kami sedikit kecewa. Sebab tidak ada yang mau menjaga dan melindungi pulau tersebut,” ungkapnya.

(Henra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!