Parepare

Pemkot Parepare Gelar Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

AKARBERITA.COM, Parepare – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) kembali menggelar kegiatan rutin menjelang Idul Adha. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 8 Mei hingga 20 Juni mendatang.

Kepala Dinas PKP Kota Parepare, Wildana, menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan pemeriksaan sampai pada hari tasyrik, untuk memastikan pemotongan hewan kurban diawasi dengan ketat baik sebelum maupun sesudahnya.

“Kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini meliputi pendataan hewan kurban, pemeriksaan kesehatan hewan seperti pemberian vitamin dan obat-obatan, serta penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran penyakit,” ungkap Wildana.

Wildana menambahkan bahwa selama pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas PKP, tidak ditemukan hewan yang tidak layak dijadikan kurban.

“Selama pemeriksaan dilakukan, Alhamdulillah dinas PKP tidak menemukan hewan yang tidak layak untuk dijadikan hewan kurban,” tambahnya.

Terkait stok hewan kurban pada Jumat, 7 Juni 2024, tercatat ada 1.215 ekor sapi dan 380 ekor kambing yang siap untuk kurban. Jumlah ini diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga hari tasyrik.

“Kalau mengacu pada tahun lalu, data pemotongan untuk sapi kurang lebih 800 ekor dan kambing ada 200 ekor, sehingga kami optimis bahwa untuk stok hewan kurban, baik sapi maupun kambing, di Kota Parepare sudah mencukupi,” tandas Wildana.

(Sri Ayu Lestari)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!