Daerah

Pemkot-BKMM Akan Menggelar Operasi Katarak Gratis

AKARBERITA.com, Parepare – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bekerjasama dengan Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Kota Makassar, akan menggelar operasi katarak gratis bagi masyarakat Parepare. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Safari Katarak.

Kepala Sub Bidang Humas RSUD Tipe B Andi Makkasau Parepare Farida mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 23 April mendatang, di RSUD Andi Makkasau secara gratis tanpa pungutan biaya.

“Operasi dilakukan di RSUD karena ditunjang dengan fasilitas operasi dan dokter ahli dibidangnya,” katanya

Sementara, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Parepare Sriyanti Ambar memaparkan, bagi masyarakat Parepare yang ingin melakukan operasi, agar mendatangi kantor Dinas Kesehatan dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), sebagai tanda bukti, bahwa mereka betul-betul masyarakat Parepare.

“Untuk jumlah kuota, Katarak Matur dibatasi 40 orang. Calon peserta yang telah mendaftar, akan kembali diperiksa atau skrining untuk memastikan bahwa masyarakat tersebut layak menderita katarak yang harus dioperasi,” jelasnya.

Sriyanti menambahkan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan peserta tersebut merupakan pasien Katarak Matur atau tidak. Karena, katanya, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mengambil langkah serius ini.

“Baik dari psikologi, dan biologi harus dipersiapkan dengan matang dan maksimal,” tandasnya.

(Luki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!