Regional

Panen Raya di Bajipamai, Jokowi Optimis Maros Surplus Padi

Presiden Joko Widodo dalam kunkernya di Sulsel, mengikuti pesta panen di Bajipamai, Kabupaten Maros. _Naila/akarberita_

AKARBERITA.com, Maros – Dihari kedua kunjungan kerjanya di Kabupaten Maros, Presiden Joko Widodo, melakukan panen raya di Kelurahan Bajipamai, Kecamatan Maros Baru, Kamis (30/3/2023). Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu disambut gembira puluhan petani.

Jokowi mengatakan, produksi lahan pertanian di Maros cukup baik jika dibandingkan daerah lain. Hal itu diyakininya setelah mengelilingi area persawahan yang dikunjunginya.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil perbincangannya dengan petani, diketahui, lahan pertanian di Maros Baru ini bisa menghasilkan 5,5 ton padi perhektar.

“Panen raya di sini surplus. Kita harapkan, bagaimana caranya hasilnya yang sulrplus bisa di bawa ke provinsi lainnya,” jelasnya.

Melihat kondisi hasil panen petani di Desa Baji pamai, Jokowi bahkan optimis hasil panen di Maros Baru masih bisa meningkat.

“Kita optimis, ini sebenarnya masih bisa ditingkatkan. Ya walaupun area persawahan disini sudah terandam banjir dua kali sehingga menurunkan produksinya,” paparnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menargetkan surplus di Sulsel bisa mencapai 2 juta ton.

Tak hanya itu, ia juga berharap Penggilingan Padi Modern atau Modern Rice Milling Plant bisa segera dibangun di Sulsel. “Semua pasti dibangun, saat ini memang baru ada di Sumatera, dan ada juga di Jawa,” jelasnya.

Sementara Muhammad Arfah, salah seorang petani mengatakan, saat ini harga gabah basah berada di kisaran Rp5.200 per kilogram. Sebelumnya harga gabah mencapai Rp5.700 per kilogram.

“Tapi inikan lagi musim panen. Stok gabah mulai banyak, otomatis harganya menurun. Dengan harga segitu belum bisa menutupi biaya produksi,” jelasnya.

Dia mengaku, produksi tahun ini menurun jika dibandingkan tahun lalu. “Produksi sebelumnya bagus. Tapi ini kan curah hujan tinggi, sudah dua kali menanam dan kena banjir terus, kerugian jika dinominalkan, bisa mencapai Rp1 juta untuk satu hektarenya,” tandasnya.

(Naila)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!