Daerah

Ombudsman RI Harap Pelayanan Publik di Gowa Masuk Zona Hijau

AKARBERITA.com, Gowa – Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) Subhan Djoer, berharap hasil survei Ombudsman di Pemkab Gowa dapat berjalan baik dan masuk zona hijau.

Hal tersebut diungkapkan Subhan usai mengikuti kegiatan Sosialisasi Penilaian Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemkab Gowa, Selasa (23/4).

Subhan mengapresiasi dengan digelarnya sosialisasi tersebut. Menurutnya sosialisasi ini sangat menunjang pelaksanaan survei kepatuhan yang rutin dilakukan Ombudsman bagi seluruh penyelenggaraan pelayanan publik lingkup pemerintahan.

“Keberadaan kami disini dalam rangka menjelaskan bahwa setiap tahun kami melakukan survei kepatuhan yang bersifat diam-diam atau tidak memberitakan seluruh unit pemberi pelayanan. Hanya saja sebelum dilakukan survei terlebih dulu diberikan bimbingan teknis sebagai acuanya,” katanya.

Subhan menyebutkan, saat pertama kali survei di Pemkab Gowa hasilnya kuning. Kuning ini bukan berarti buruk karena banyak kabupaten/kota yang disurvei berkali-kali masih tetap merah, karena di Gowa kuning maka besar kemungkinan akan menjadi hijau.

“Kita harapkan tahun depan Gowa dapat meraih penghargaan dari Ombudsman dan masuk pada zona hijau serta secara umum Gowa dapat menjadi kabupaten terbaik dalam hal pemberian pelayanan publik,” ungkapnya.

Selain itu Subhan berharap, dengan banyaknya penghargaan dan prestasi yang diraih Pemkab Gowa hingga saat ini akan berbanding sama dengan sistem pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakatnya. Begitu pun bagi kabupaten/kota yang menerima penghargaan dari Ombudsman.

“Kita ingin penghargaan yang diberikan Ombudsman memiliki korelasi yang sama di lapangan. Misalnya ada kabupaten/kota yang mendapatkan Adipura tetapi lingkungan daerah tersebut masih banyak sampah yang berserakan, dan persoalan lainnya,” ujarnya.

(Henra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!