Halo Kecamatan

Meriah, Penyambutan Tim Penilai RT-RW Tingkat Kota di Bacukiki

AKARBERITA.com, Parepare – Dua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) dalam wilayah Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, ditunjuk sebagai perwakilan kecamatan pada penilaian lomba kinerja RT/RW pada tingkat Kota. Yakni RT 01-RW 03 Kelurahan Lompoe, RT 02-RW 06 Kelurahan Galung Maloang, RW 01 Kelurahan Watang Bacukiki dan RW 01 Kelurahan Galung Maloang.

RT dan RW perwakilan Bacukiki tersebut, merupakan hasil seleksi yang dilakukan kecamatan setempat beberapa waktu lalu, melibatkan tim penilai dari stakeholder lainnya, yang dilakukan berdasarkan indikator yang telah ditetapkan.

Camat Bacukiki HM Iskandar Nusu mengatakan, keempat RT dan RW yang diikutkan lomba tingkat Kota tersebut, adalah RT dan RW terbaik dalam melaksanakan perannya sebagai mitra pemerintah, yang berdasarkan penilaian telah memenuhi lima indikator yang dipersyaratkan.

“Selain karena inovasi-inovasi yang dilakukan dalam menjalankan tugasnya, utamanya dalam berdayakan masyarakat setempat,” jelas Iskandar.

Baca Juga: Meriahkan HUT Kota Parepare, Bacukiki Gelar Lomba RT-RW

Terobosan yang dilakukan RT 01-RW 03 Kelurahan Lompoe misalnya, berupa inovasi RT Mobile. Ketua RT 01-RW 03 Kelurahan Lompoe Hasnia mengatakan, layanan tersebut tak sebatas dilakukan di rumah RT, tapi juga dilakukan secara mobile.

“Kami buat call center pelayanan terpadu yang dipasang di depan rumah kami. Sehingga warga yang mau mengurus bisa melalui telepon saja dan kami akan fasilitasi. Call center ini juga jadi layanan pengaduan warga khususnya di wilayah kami,” urainya.

Ketua Tim Penilai RT-RW Tingkat Kota Parepare Andi Erwin Pallawarukka disambut warga puluhan warga Tolotang. –Gits/AkarBerita-

Sementara terobosan yang dilakukan Ancu selaku Ketua RW 01 Kelurahan Galung Maloang, berupa penataan lorong dengan konsep berwawasan lingkungan yang melibatkan seluruh warga setempat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaannya.

“Inovasi adalah swadaya masyarakat, menunjukkan tingginya tingkat kesadaran warga terhadapkebersihan lingkungan. Jadi tiap rumah tangga di wilayah kami ada apotek hidupnya minimal tanaman didepan rumahnya,” papar Ancu.

Selain melibatkan puluhan warga Tolotang yang bermukim di wilayah tersebut, sejumlah persembahan budaya tradisional tarian mappadendang dan pencak silat yang dibawakan pelajar setempat, ikut menyambut kedatangan kedatangan tim penilai, sehingga suasana semakin meriah.

Terpisah, Ketua Tim Penilai Lomba Kinerja RT-RW Tingkat Kota Andi Erwin Pallawarukka mengapresiasi terobosan dan inovasi yang telah dilakukan para ketua RT dan RW, khususnya di wilayah Bacukiki.

“Tentunya seperti inilah yang kami harapkan, peran RT-RW sebagai mitra pemerintah perlu terus ditingkatkan, tidak hanya pelayanan administrasi kependudukan kepada warganya tetapi bagaimana mereka mampu memberdayakan warganya,” tandas Kabag Pemerintahan Setdako Parepare tersebut. (Gits)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!