Daerah

Melalui Sistem SIKS-NG, Dinsos Gelar Sosialisasi PBDT Kemiskinan

AKARBERITA.com, Gowa – Dalam rangka mengatasi kemiskinan, Dinas Sosial (Dinsos) Kabuapten Gowa menggelar Sosialisasi Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) Kemiskinan melalui aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG).

Kegiatan yang dilaksakan di Balai Diklat Pemkab Gowa tersebut, diikuti 18 supervisor data kecamatan dan 167 operator SIKS-NG desa/kelurahan, Rabu (24/4).

Kepala Dinsos Gowa Syamsuddin Bidol menjelaskan, bahwa tugas operator desa/kelurahan adalah melakukan penjangkauan dan verifikasi data di lapangan.

Selain itu juga memasukkan setiap data variabel data ke dalam aplikasi SIKS-NG dan melaksanakan musyawarah desa/kelurahan dengan persetujuan kepala desa atau lurah masing-masing untuk kemudian dikirimkan ke supervisor data kabupaten.

“Yang paling penting bahwa seluruh operator desa/kelurahan harus tahu batasan-batasan dalam bekerja dan usahakan selalu berkokunikasi dengan kepala desa atau lurah. Pemutahiran data yang dilakukan oleh masing-masing operator harus disahkan dengan musyawarah desa/kelurahan yang dihadiri oleh seluruh komponen masyarakat,” jelasnya.

Syamsuddin meminta kepada seluruh operator desa/kelurahan yang ada di Gowa untuk mengedepankan azaz kejujuran dan keadilan dalam memverifikasi dan validasi data kemiskinan di setiap desa/kelurahan.

“Diharapkan dalam pelaksanaan verifikasi dan validasi data kemiskinan yang dilakukan oleh seluruh operator SIKS-NG di setiap desa/kelurahan se Kabupaten Gowa harus mengedepankan azaz kejujuran dan keadilan sehingga data yang dihasilkan betul-betul merupakan data yang riil sesuai dengan kondisi faktual ada di lapangan,” ujarnya.

(Henra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!