Daerah

Mattiro Bulu Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten Pinrang

AKARBERITA.com, Pinrang – Kecamatan Mattiro Bulu kembali berhasil mempertahankan piala bergilir sebagai juara umum dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Kabupaten Pinrang yang dipusatkan di lapangan Kelurahan Cempa Kecamatan Cempa.

MTQ tahun ini ditutup Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Islamuddin mewakili Bupati Pinrang, Rabu (7/3), yang ditandai penabuhan gendang dan penanggalan toga dewan hakim. Penyerahan piala juara umum, juga dilakukan Islamuddin kepada Camat Mattiro Bulu Sultan Andi Wela disaksikan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Pinrang Rohana Darwis Bastama, Dandim 1404 Pinrang Letkol ARM Lukman Sasono, Kepala Kantor Kementerian Agama Sudirman Daud dan Camat Cempa Syahrir Pawittoi.

Ketua Dewan Hakim KH M Yunus Samad LC membacakan peringkat poin sampai 7 besar dari 12 Kecamatan sebagai peserta MTQ, masing masing Juara Umum pertama Kecamatan Mattiro bulu dengan 63, disusul Kecamatan Watang Sawitto dengan 51 poin, Kecamatan Patampanua 23 poin, Kecamatan Suppa 23 pin, Kecamatan Paleteang 18 poin, Kecamatan Mattiro Sompe 16 poin dan tuan rumah Kecamatan Cempa berapa pada peringkat ketujuh dengan perolehan 14 poin.

Sekkab Islamuddin mengatakan, penilaian secara objektifitas dewan hakim selama berlangsungnya lomba telah melahirkan qari dan qariah serta hafidz dan hafidzah terbaik, yang telah membawa nama harum Pinrang pada sejumlah even, baik seleksi Tilawatil Quran maupun MTQ ditingkat Provinsi yang telah meraih juara umum beberapa tahun lalu. “Pemerintah optimis, pada MTQ tingkat provinsi di Luwu Timur mendatang, kontingen Pinrang akan kembali berjaya dengan target bisa masuk 5 besar,” katanya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Pinrang Sudirman Daud mengatakan, salah satu tujuan pelaksanaan MTQ untuk memotivasi umat Islam agar lebih meningkatkan kepedulian terhadap pembinaan qari dan qariah serta hafidz dan hafidzah dalam tulis Quran. “Dan ini sebagai langkah nyata memberantas buta aksara Quran, selain mensukseskan program sejuta Quran di Pinrang.

(Hecha)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!