Daerah

Kopsudnas Pimpin Sertijab Pangkoopsud II

AKARBERITA.com, Makassar – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) Marsdya TNI M. Tonny Harjono, memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Komando Operasi Udara II Makassar (Pangkoopsud III) melalui upacara militer di Lapangan Upacara Makoopsud II, Daya, selasa (7/2/2023).

Dalam upacara ini, Pangkoopsudnas menerima jabatan Pangkoopsud II dari Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra dan menyerahkannya kepada pejabat baru Marsekal Muda TNI Andi Kustoro.

Dalam sambutannya, M Tonny Harjono menuturkan, mencermati dinamika perkembangan lingkungan strategis, serta melihat tantangan tugas yang semakin kompleks, sehingga pengembangan kekuatan kemampuan TNI Angkatan Udara harus direncanakan secara seksama, tepat, dan terukur. Serta dilaksanakan secara berkesinambungan.

Karenanya, pergantian Komandan Koopsud II ini merupakan baikan dari pengembangan lingkungan strategis.

“Perlu dipahami bersama betapa peran dan kualitas kepemimpinan, menjadi faktor yang sangat menentukan dalam memastikan terpenuhinya upaya tersebut secara optimal. Dengan demikian setiap regenerasi kepemimpinan yang dilaksanakan melalui serah terima jabatan, harus dimaknai dengan sungguh-sungguh, untuk mewujudkan pembangunan TNI Angkatan Udara yang berkelanjutan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Koopsud II sebagai jajaran dari Koopsudnas, yang bertugas menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan TNI Angkatan Udara dalam jajarannya dan melaksanakan operasi-operasi udara dalam rangka penegakan kedaulatan negara di udara, mendukung penegakkan kedaulatan negara di darat dan laut.

“Untuk melaksanakan tugas tersebut, Koopsud II dituntut untuk selalu menjaga kesiapsiagaan operasionalnya secara utuh,” ujarnya.

Dia menambahkan, guna mewujudkan tuntutan tersebut Koopsud II harus mampu memberikan efek penangkalan dan efek koersif bagi pihak lain yang akan mengganggu keutuhan wilayah dan kedaulatan NKRI.

“Keberhasilan dalam pencapaian tugas Koopsud II, sangat tergantung kepada kemampuan, kekuatan dan pola gelar yang dilaksanakan. Dengan alutsista yang dimiliki saat ini diharapkan semakin memiliki kemampuan operasi, menjaga dan mengawasi seluruh wilayah NKRI , terutama wilayah udara bagian tengah yang berbatasan dengan,” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya, Marsekal Muda TNI Andi Kustoro menjabat sebagai Pa Sahli Tk III Bidang Ekkudag. Sementara Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra saat ini menjabat sebagai Wakil Komandan Kodiklatau. (najmi s limonu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!