Regional

Kabupaten Gowa Tuan Rumah Jumbara PMR IX PMI Sulsel

Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan saat memberi sambutan dalan Jumbara PMR IX PMI Sulsel. _SYAL/AKARBERITA_

AKARBERITA.com, Gowa – Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan, menggelar Jumpa Bakti dan Gembira (Jumbara) PMR IX PMI Sulsel. Kegiatan berkumpulnya seluruh relawan se-Sulsel itu dilaksanakan di lapangan Hutan Pinus Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Minggu (13/5/2023).

Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, kegiatan yang bertujuan untuk bisa meningkatkan kreativitas dari para relawan, baru kembali digelar setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

“Jumbara diprioritaskan bagi relawan dari seluruh wilayah wilayah yang ada di Sulsel, untuk bisa menjaga ke-solidaritas dan juga meningkatkan kemampuan para relawan,” kata Adnan.

Bupati Gowa ini menjelaskan, kekuatan PMI berada pada relawan, sehingga untuk melatih, mengumpulkan, dan menjaga solidaritas serta kekompakan menjadi hal penting. Dan dimoment Jumbara PMR ke-XI diharapkan lebih meningkatkan solidaritas, komitmen dan serta kebersamaan antar seluruh relawan.

“Kita berjumpa bersama, dan saling kenal mengenal. Sehingga ketika dibutuhkan kita akan turun bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari kita semuanya,” ujar Adnan.

Ia menegaskan, keberadaan PMI harus terus berbakti bagi daerah, bangsa dan negara. Kekuatan dan kontribusi PMI pun sangat dibutuhkan pada kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Salah satunya dalam menjaga stok darah yang ada, termasuk membantu jika terjadi bencana.

Apalagi lanjutnya, bagi relawan yang akan turun pada kegiatan-kegiatan kebencanaan itu sudah tersertifikasi. Sementara untuk mendapatkan sertifikasi ini harus melalui pelatihan-pelatihan yang bisa didapatkan pada Jumbara PMR.

“Makanya kami berharap kepada seluruh relawan mulai dari wira, mula, dan madya itu sudah dilatih dengan baik. Sehingga ketika dibutuhkan mereka sudah bisa membantu sesama pada saat terjadinya bencana, atau pada kegiatan kemanusiaan lainnya,” harap Adnan.

Mengangkat tema “Sehat, Kreatif dan Berkomitmen”, Jumbara PMR ke-XI Tingkat Sulawesi Selatan diisi dengan sejumlah rangkaian acara yang berlangsung mulai 13 hingga 17 Mei 2023 mendatang. Kegiatan tersebut pun dibagi dalam tiga sesi yakni sesi Jumpa, Bakti dan Gembira.

“Ada berbagai kegiatan berbeda. Pada kegiatan ini sudah mengutus masing-masing relawannya dari setiap kabupaten dan kota. Sehingga mereka harus mengikuti seluruh rangkaian acara untuk mendapatkan pengetahuan dan refrensi yang baik,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mengatakan, mewakili pemkab Gowa menyampaikan terimakasih dan kebanggaannya karena dipercayakannya Gowa sebagai tuan rumah dalam kegiatan tersebut.

“Kami menyampaikan terimakasih atas penunjukan Gowa selaku tuan rumah pelaksana kegiatan ini. Kepercayaan ini merupakan amanah bagi kami untuk memfasilitasi penuh pelaksanaan kegiatan secara maksimal. Kami dari pemerintah dan PMI Gowa selalu siap jika diberikan suatu amanah,” katanya.

Wabup Gowa yang juga Ketua PMI Gowa ini mengaku, dipilihnya Malino sebagai lokasi kegiatan, sebab kota tersebut adalah salah satu obyek wisata unggulan. Apalagi, kota tersebut juga dikenal sebagai saksi sejarah tonggak-tonggak kemanusiaan.

“Daerah yang dikenal sebagai Kota Bunga dengan udara yang sejuk ini semoga bisa memberikan kesan positif bagi pada peserta Jumbara PMR ke-XI. Silahkan menikmati kegiatan sambil berwisata, jangan lupa juga nikmati seluruh kuliner khas Malino dan Gowa dipasarkan,” ujarnya.

Menurutnya, Jumbara PMR ke-XI di Gowa ini juga secara tidak langsung akan memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi masyarakat lokal. Termasuk juga membantu pendapatan asli daerah (PAD) dari sumber-sumber yang ada.

(Syal)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!