Politik & Parlemen

Jika Tak Kondusif, KPU Parepare Akan Gelar Debat Kandidat di Luar Daerah

AKARBERITA.com, Parepare – Debat kandidat pertama Pilkada Serentak yang tahun ini diikuti dua peserta Pasangan Calon (Paslon) pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) dan Achmad Faisal Andi Sapada-Asriady Samad (FAS), yang akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parepare pada 29 Maret mendatang di gedung Islamic Centre Parepare, menjadi barometer untuk pelaksanaan debat kandidat berikutnya. Rencananya, debat kandidat akan digelar KPU sebanyak tiga kali pada waktu yang berbeda.

Ketua KPU Parepare Nur Nahdiyah mengemukakan, pihaknya berharap pelaksanaan debat kandidat pertama berjalan lancar dan kondusif. Pasalnya, kata dia, debat pertama akan menjadi pertimbangan apakah debat berikutnya tetap dilakukan dalam wilayah Parepare atau dipindahkan ke luar daerah.

Nahdiyah mengungkapkan, ada beberapa pertimbangkan ketika nantinya debat kedua atau ketiga yang lokasinya terpaksa dipindahkan ke luar daerah. Diantaranya, kata dia, jika terjadi gejolak yang memicu terjadinya ketidak kondusifan pelaksanaan debat pertama.

“Karena debat kandidat mengutamakan esensi agar pengujian validitas dan rasionalitas masing-masing gagasan kandidat di hadapan para penalis, berjalan maksimal,” ujar Nahdiyah.

Untuk itu, tambah Nahdiyah, sangat diharapkan kerjasama seluruh tim dan pendukung kedua paslon untuk mendukung suksesnya pelaksanaan debat kandidat pertama, agar debat kandidat berikutnya bisa tetap dilaksanakan di Parepare.

(Jeri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!