Hukum & Kriminal

Hardiman Ikuti Sosialisasi Pembangunan Budaya Anti Korupsi

AKARBERITA.com, MANADO – Pelaksana Tugas (Plt). Karupbasan Kelas I Manado, Hardiman, mengikuti acara sosialisasi Pembangunan Budaya Anti Korupsi, di Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut).

Kegiatan dibuka oleh Plh. Kepala Kantor Kemenkumham Wilayah Sulut, I Putu Murdiana, diikuti oleh seluruh Kepala UPT dan pejabat administrator dan pengawas Kanwil.

Kegiatan diisi dengan pemaparan terperinci mengenai budaya anti korupsi oleh narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulut, Patardo Nainggolan dan Didi.

Hardiman mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan menghadirkan pelayanan publik yang bersih dan transparan.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan pencegahan tindak pidana korupsi pada seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara,” ungkap eks Kepala Kesatauan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas IIA Kota Parepare Sulawesi Selatan itu.

Sementara itu, Plh. Kepala Kantor Wilayah I Putu Murdiana menegaskan kepada seluruh peserta yang hadir bahwa upaya pemberantasan korupsi tidak hanya cukup dengan membuat peraturan perundang-undangan.

“Karena yang lebih penting adalah membangun mental orang-orang yang dapat memberantas korupsi itu sendiri. Karena tanpa membangun SDM yang baik dan berintegritas mustahil pemberantasan korupsi dapat berjalan dengan maksimal,” tegas I Putu Murdiana.

Sedangkan, Patardo mengungkapkan bahwa sebaik apapun manajemen suatu organisasi dibangun, ketika individu tidak berintegritas maka bibit bibit korupsi tetap menjamur.

“Jika pemimpin tidak menunjukkan perilaku berintegritas maka terjadilah budaya korupsi,” terang Patardo.

Dia menekankan pentingnya evaluasi risiko dibuat setiap tahun.

“Pembangunan budaya anti korupsi berarti ada proses perubahan yang direncanakan, jika ada disclosure jangan takut, siapkan saja bukti-buktinya,” pesan Patardo.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!