Daerah

Disnakertrans Gowa Gelar Workshop K3, Pencegahan Kecelakaan Kerja Jadi Prioritas

AKARBERITA.comGowa – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Gowa menggelar workshop budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) bagi pekerja perusahaan ditempat kerjanya.

Workshop yang diikuti puluhan perwakilan dari pengusaha dan karyawan perusahaan di wilayah Gowa ini berlangsung di Planet Beckham, Kamis (28/3).

Kepala Disnakertrans Gowa Salehuddin menyebutkan, bahwa workshop yang digelar ini dalam rangka mendorong komitmen bersama untuk mewujudkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di tempat kerja bagi pekerja perusahaan, khususnya yang berada di wilayah Gowa.

“Norma K3 adalah suatu sistem program yang dibuat bagi pekerja maupun pengusaha sebagai upaya pencegahan timbulnya kecelakaan kerja dan penyakit akibat hubungan kerja,” katanya .

Dengan memahami norma tersebut para pekerja bisa mengenali hal-hal yang berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja, penyakit akibat hubungan kerja dan tindakan antisipatif bila terjadi hal demikian.

“Aturan ini pun telah diatur dalam UU no 1 Tahun 1979 tentang keselamatan kerja,” jelasnya.

Dari aturan tersebut beberapa tujuan diterapkannya Norma K3 di perusahaan di antaranya mencegah dan mengurangi kecelakaan, memberi alat-alat perlindungan diri pada para pekerja, mencegah dan mengendalikan timbulnya penyakit akibat kerja. Baik berupa fisik maupun psikis, peracunan infeksi dan penularan.

Menurut Salehuddin, Norma K3 merupakan kewajiban bagi tenaga kerja/buruh dan perusahaan. Tujuannya adalah untuk mencegah, mengurangi bahkan menekan resiko kecelakaan kerja di tempat mereka bekerja.

(Henra)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!