Regional

Sukseskan Pemilu 2024, Ribuan Nakes Maros Akan Dilibatkan

-Najmi S/AkarBerita-

AKARBERITA.COM, Parepare – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupateb Maros, akan melibatkan ribuan Tenaga Kesehatan (nakes) untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

Kepala Dinkes Maros, Muhammad Yunus mengemukakan, pihaknya akan menurunkan satu nakes di tiap TPS. “Kami akan turunkan satu Nakes tiap TPS, namanya satgas kesehatan petugas pemilu, jumlahnya 1.073 di Maros,” ujarnya, Rabu (31/1/2024).

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan posko induk, kecamatan dan desa dan kelurahan. “Posko induk kabupaten di PSC 119 Maros, posko induk kecamatan di 14 puskesmas dan posko di 103 desa/Kelurahan terletak di Pustu dan Poskesdes,” katanya.

Dia menuturkan, akan ada 10-15 nakes yang bersiaga di posko induk kabupaten. Sementara untuk posko 5-10 orang di posko induk kecamatan dan 2-3 posko desa dan kelurahan.

“Totalnya sekitar 300 nakes, yang jaga di posko kabupaten, kecamatan dan desa serta kelurahan,” terangnya.

Meski begitu, mantan Kapus Bantimurung ini memastikan, pelayanan di fasilitas kesehatan tetap berjalan seperti biasanya. “Semua profesi dilibatkan untuk sukseskan Pemilu, tapi dapat dipastikan pelayanan masih tetap berjalan,” tambahnya.

Selain Nakes, kata dia, pihaknya juga menyiagakan ambulans di tiap Puskesmas. “Kami juga siapkan ambulans, nanti misalnya ada yang akan dirujuk bisa langsung kami tangani,” terangnya.

Yunus mengatakan langkah antisipasi ini dilakukan mengingat banyaknya KPPS yang tumbang pada pemilu 2019 lalu. “Diharapkan dengan langkah antisipasi ini,kalau ada yang sakit bisa ditangani dengan segera,” tandasnya.

(Najmi S)

To Top
error: Content is protected !!