Daerah

PT Dharma Lautan Utama Luncurkan KM Kirana Rute Parepare-Balikpapan

AKARBERITA.com, Parepare – Perusahaan penyedia jasa pelayaran PT Dharma Lautan Utama meluncurkan armada Kapal Motor (KM) Kirana yang akan melayani pelayaran rute Kota Parepare-Balikpapan. Rencananya, kapal berkapasitas 857 penumpang tersebut, akan bersandar Kamis (21/3) besok di dermaga Ajatappareng Parepare.

Manajer Cabang PT Dharma Lautan Utama Cabang Parepare Budiono mengatakan, KM Kirana disiapkan khusus untuk masyarakat calon penumpang Parepare yang akan melakukan perjalana ke Balikpapan.

Selain berkapasitas ratusan penumpang, KM Kirana, kata Budiono, juga mampu menampung 60-an unit kendaraan kecil dan 28 unit kendaraan campuran, dengan kecepatan kapal rata-rata 12,5 knot.

Keunggulan KM Kirana, jelas Budiono, sangat representatif untuk pengiriman sayur maupun hasil bumi lainnya. Karena kondisi cardeck yang banyak lubang anginnya, sehingga hawa di cardeck selalu fresh. “KM Kirana juga hadir sekaligus untuk mengantisipasi melonjaknya permintaan logistik menjelang ramadhan dan lebaran mendatang,” jelasnya.

Sekadar diketahui, KM Kirana memiliki panjang 106 meter, dengan gross tonnage mencapai 5.299. GT adalah perhitungan volume semua ruang yang terletak di bawah geladak kapal ditambah dengan volume ruangan tertutup, yang terletak di atas geladak ditambah dengan isi ruangan beserta semua ruangan tertutup yang terletak di atas geladak paling atas (superstructure).

“Dengan dukungan pengusaha dan masyarakat Parepare, KM Kirana secara rutin akan melayani rute Parepare-Balikpapan,” pungkas Budiono.

(Jeri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!