Parepare

Pemkot dan Kejari Kolaborasi Berikan Edukasi Hukum Untuk Pelajar

AKARBERITA.COM, Parepare – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Parepare berkolaborasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare menggelar program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) bertajuk “Kenali Hukum Jauhi Hukuman” di Hotel Pare Wisata, Selasa (1/10/2024).

Kegiatan ini dibuka Kepala Disdikbud Parepare, HM Makmur, yang didampingi Kepala Seksi Intelijen Kejari Parepare, Sugiharto.

Makmur menyampaikan bahwa kolaborasi yang diikuti 72 pelajar SMP dari 24 sekolah di Parepare ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang produk hukum dan cara menghindari pelanggaran hukum.

Program JMS dinilai relevan sebagai bentuk pendampingan, pembimbingan, dan edukasi masif bagi pelajar. Melalui kegiatan ini, peserta diberi informasi secara utuh terkait jenis pelanggaran hukum yang marak terjadi dan pemahaman tentang bagaimana seharusnya hukum ditaati.

“Kolaborasi dengan Kejari ini adalah upaya kita agar generasi hari ini paham terkait apa saja produk hukum negara kita, dan cara agar tidak terjerumus kepada tindak pelanggaran hukum,” Jelas H Makmur.

Sementara itu, Kasi Intelijen Kejari Parepare, Sugiharto, mengapresiasi kepedulian pemerintah melalui Disdikbud yang selalu siap berkolaborasi untuk mengedukasi pelajar di Parepare tentang pemahaman hukum negara.

“forum ini menjadi bukti keseriusan kami dari Kejari dan Pemkot yang akan terus fokus aktif membina anak-anak kita, tentang pengetahuan produk hukum negara ini,”

Sugiharto mengatakan, banyak hal yang dapat diimplementasikan sebagai wujud upaya menekan potensi tindak pelanggaran hukum, khususnya dari pelajar. Salah satunya, program Jaksa Masuk Sekolah.

“Semoga kegiatan ini menjadikan generasi kita sebagai bagian dari penegak hukum, yang taat hukum negara, dan menjadikan Parepare sebagai daerah bersih minim pelanggaran hukum,” tandasnya.

(Sri Ayu Lestari)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!