Daerah

Pembangunan Bandara Sultan Hasuddin Ditargetkan Rampung Tahun 2024

AKARBERITA.COM, Maros – Dimulai sejak tahun 2019 lalu, progres pembangunan dan perluasan Bandara Sultan Hasanuddin saat ini, sudah mencapai 68%. Ditargetkan, proses pembangunan hingga dapat beroperasi secara penuh pada akhir 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Taochid Purnomo Hadi, Senin (4/12/2023).

“Sejauh ini pembangunannya telah rampung 68 persen. Jika semuanya lancar, kami menargetkan rampung pada akhir 2024,” katanya.

Dia menjelaskan, kondisi keuangan akibat pandemi menjadi kendala utama dalam proses pembangunan. Bahkan kata dia, pembangunan baru dimulai kembali pada pertengahan 2023.

“Dampak pandemi yang mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan. Pengembangan sempat terhenti karena pandemi Covid-19, tetapi pertengahan 2023 kembali berjalan,” tuturnya.

Pihaknya, kata dia, menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan penyelesaian proyek tersebut.

Meski begitu, kata Taochid lagi, pihaknya tetap berupaya memberikan pelayanan operasional yang optimal sekaligus melakukan pengembangan bandara.

“Kami juga memohon dukungan dan doa dari masyarakat Sulawesi Selatan agar pengembangan bandara dapat segera selesai,” jelasnya.

Taochid menyebutkan saat ini, fokus pekerjaan yaitu penyelesaian pekerjaan di Terminal Utama. “Terminal Utama ini merupakan area bangunan yang berada di sisi barat terminal yang telah beroperasi,” ujarnya.

Dia menyebutkan, saat ini sudah ada beberapa fasilitas yang sudah selesai dan saat ini sudah beroperasi.

Seperti ruang tunggu pintu/ gate satu sampai dengan enam atau yang sering disebut Terminal Selatan. Selain ruang tunggu tersebut, fasilitas lainnya yaitu garbarata. “Kondisi operasional saat ini yaitu garbarata sebanyak 12 unit dan 12 gate keberangkatan,” terangnya

Selain itu, ada fasilitas lain yaitu fasilitas gedung parkir, gedung Main Power House (MPH), gedung untuk pengoperasian Distributed Control System (DCS) untuk peralatan mekanikal, dan gedung untuk water treatment.

(Naila)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!