Daerah

Parepare Ditetapkan Sebagai Kota Dengan Sistem Pelayanan Mencapai 100%

AKARBERITA.COM, Parepare – Sistem Pelayanan Kota Parepare menjadi satu dari tiga daerah di Sulsel yang telah ditetapkan sebagai daerah Universal Health Coverage (UHC) dengan sistem pelayanan terbaik yang presentasenya mencapai 100% .

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Parepar Muh Yamin. Parepare sebagai kota 100% UHC ditetapkan oleh oleh Pemprov Sulsel setelah dianggap memenuh syarat yang mengcover semua warganya dalam layanan BPJS Kesehatan.

Sekadar diketahui, UHC adalah sistem kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau. Mencakupakses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga, serta perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan.

“Dengan ditetapkannya Parepare sebagai kota 100% UHC Semua warga Parepare berhak mendapat seluruh jenis pelayanan kesehatan BPJS,” ujarnya.

Terpisah, Pengelola JKN-KIS Dinas Kesehatan Parepare Maasje menjelaskan, nantinya warga Parepare yang belum mengantongi kartu BPJS, secara otomatis akan terdaftar sebagai peserta BPJS saat berobat baik di puskesmas maupun rumah sakit ketika datanya di catat oleh petugas UGD. “Data itulah yang akan dilaporkan ke Dinkes untuk diakomodir agar warga bersangkutan terdaftar sebagai peserta BPJS,” paparnya.

Sementara untuk warga yang berasal dari keluarga tidak mampu, tambah Maasje, lagi, secara otomatis akan mendapatkan kartu JKN-KIS, yang iuran perbulannya ditanggung pemkot Parepare yang dianggarkan melalui APBD. “Semua warga Parepare akan mendapat pelayanan pelayanan kesehatan dari tingkat puskesmas hingga ke tingkat rujukan. Karena pemerintah juga memiliki program kesehatan gratis non BPJS,” pungkasnya.

(Abe)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!