Parepare

Parepare Dapat Jatah Lima Formasi Calon Penerima Taruna/ Taruni Kemenhub RI

AKARBERITA.com, Parepare – Kementerian Perhubungan RI kembali membuka penerimaan Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan pada Perguruan Tinggi di lingkungan Kemenhub Tahun Akademik 2022/2023.

 

Berdasarkan pengumuman Kemenhub Nomor PG 12 Tahun 2022 tentang Penerimaan Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan Pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2022/2023, pendaftaran pola pembibitan mulai dibuka pada 9 April 2022 sampai dengan 30 April 2022, secara online melalui portal dikdin.bkn.go.id.

 

Khusus Kota Parepare yang tahun lalu mendapat kuota 4 formasi pada Pola Pembibitan Pemda Program DIV Transportasi Darat, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), tahun ini mendapatkan tambahan 1 alokasi formasi, menjadi 5 formasi.

 

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Parepare HM Iskandar Nusu yang dihubungi Sabtu, 9 April 2022. “Alhamdulillah, Kota Parepare dapat alokasi 5 untuk D-IV Transdar Sarjana Terapan STTD. Lebih banyak dari tahun lalu 4 kuota,” kata Iskandar Nusu.

 

Iskandar mengemukakan, melalui program Pola Pembibitan ini putra putri Parepare akan menjadi taruna taruni CPNS untuk ditempatkan mengabdi di daerah asal (Dinas Perhubungan).

 

Iskandar menekankan, salah satu syarat mengikuti program ini adalah harus putra putri asli Parepare lulusan SMA sederajat, yang dibuktikan dengan NIK.

 

Khusus di Provinsi Sulsel, program Pola Pembibitan Pemda oleh Kemenhub tahun ini, hanya diikuti tiga daerah. Selain Parepare, daerah lainnya adalah Bulukumba dan Sinjai.

 

Nantinya putra putri Parepare yang mengikuti program Pola Pembibitan Pemda ini akan menyandang lulusan Diploma IV (DIV) Sarjana Terapan Transportasi Darat.

 

Lulus dalam Pola Pembibitan Pemda ini taruna taruni akan langsung terangkat menjadi CPNS golongan IIIa dengan ikatan dinas mengabdi di Dinas Perhubungan daerah asal.

 

Namun untuk diterima masuk di STTD Kemenhub, para calon taruna dan taruni tetap harus melalui proses seleksi ketat. Didahului tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), kemudian tes kesehatan, kesamaptaan, psikotes, dan tes wawancara.

 

Pola Pembibitan di lingkungan Perguruan Tinggi Kemenhub ini merupakan tindak lanjut dari MoU Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe dengan Direktur PTDI-STTD Hindro Surahmat ATD MSi pada 2020. MoU ini berdurasi lima tahun.

 

“Jadi Pola Pembibitan Pemda Program DIV Transportasi Darat Sekolah Tinggi Transportasi Darat ini diharapkan dapat mencetak SDM unggul dan ahli di Bidang Transportasi Darat, yang nantinya putra putri Parepare jika selesai pendidikan akan ditempatkan di Pemerintah Kota Parepare dalam hal ini Dinas Perhubungan Parepare,” tandas Iskandar.

(Ayu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top