Politik & Parlemen

KPU Parepare Gelar Konferensi Pers Debat Publik Pertama Pilkada 2024

AKARBERITA.COM, Parepare – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare mengadakan konferensi pers terkait pelaksanaan Debat Publik Pertama antar pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare Tahun 2024.

konferensi pers yang berlangsung di Media Centre KPU ini dibuka langsung Ketua KPU, Muhammad Awal Yanto, yang didampingi para komisioner lainnya.

Awal Yanto mengungkapkan bahwa debat terbuka akan dilaksanakan sebanyak dua kali, yakni pada 26 Oktober 2024 dan 8 November 2024.

“Debat pertama akan berlangsung di Hotel Delima Sari, pukul 20.00 waktu setempat,” ujarnya.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Ahmad Perdana Putra, menambahkan bahwa persiapan debat telah melibatkan koordinasi dengan tim hukum masing-masing pasangan calon.

“Mereka telah mengonfirmasi kesediaan untuk hadir, dan kami telah menyampaikan hal-hal teknis terkait skema debat dan tema yang akan dibahas,” jelas Ahmad.

Dalam upaya memastikan kelancaran acara, Ahmad menyatakan bahwa KPU juga telah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Ia menginformasikan bahwa akan ada tujuh panelis, masing-masing membawakan satu tema.

Ahmad juga menjelaskan terkait jumlah peserta debat dibatasi untuk masing-masing pasangan calon sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 25 pendukung ditambah tiga tim pemenangan dan calon itu sendiri.

Debat akan dilaksanakan dalam lima segmen, dengan tema yang telah ditentukan, yaitu Hukum Tata Pemerintahan, Pendidikan dan Budaya, Pelayanan Publik, Hak Asasi Manusia, Penguatan Demokrasi, Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan, Teknologi dan Informasi, serta Lingkungan Hidup.

“ Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam bagi masyarakat tentang visi dan misi masing-masing pasangan calon, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi,” tandasnya.

(Sri Ayu Lestari)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!