Daerah

Kabut Asap, Sejumlah Penerbangan Tujuan Kalimantan Delay

AKARBERITA.com, Maros – Kabut Asap yang terjadi di Kalimantan Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan sebabkan aktifitas jadwal penerbangan tujuan kalimantan terganggu. Hal tersebut disampaikan GM Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Wahyudi Saat ditemui di Area Keberangkatan Bandara.

Menurut Wahyu Sejak tiga hari terakhir sedikitnya 8 Penerbangan tujuan kalimantan mengalami keterlambatan atau delay karena dampak bencana asap yang mengganggu jarak pandang pilot.

“Terkait dengan adanya bencana kabut asap di bagian wilayah indonesia khususnya daerah kalimantan dan sumatra, itu juga mengakibatkan adanya penerbangan yang berasal dari makassar menuju pulau kalimantan terdampak, ada yang cancel maupun ada yang delay,” terangnya.

Dari data Angkasa Pura I SHIAM, lanjut Wahyudi, tiga hari terakhir terdapat 8 maskapai yang mengalami delay.

“Tiga hari terakhir ini rekapnya bervariasi seperti kemarin dan hari sebelumnya, ada yang 3 Flight maupun 4 Flight akibat kabut asap yang semakin tebal,” katanya.

Adapun penyebab keterlambatan, tambah Wahyudi, penerbangan pesawat dikarenakan jarak pandang yang disebabkan oleh asap itu menjadi lebih pendek sehingga menyulitkan pemandangan pilot saat menerbangkan pesawat.

“Jarak pandang yang disebakan asap itu menjadi lebih pendek sehingga kita sebagai insan penerbangan baik maskapai maupun bandara mengutamakan mengutamakan keselamatan penerbangan dan keselamatan para penumpang itu, makanya penerbangan menuju kalimantan di delay,” tambahnya.

Diketahui berikut data penerbangan beberapa hari terakhir dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang mengalami delay dengan tujuan bandara Kalimantan diantaranya, tanggal 10 September Lion Air 662 dest Balikpapan, tanggal 14 September Batik Air 6256 dest Balik papan, tanggal 15 September BTK6687 dest Samarinda, BTK6687 dest Balik papan dan tanggal 16 September BTK6687 dest Samarinda, LNI817 dest Pontianak

(Achmad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!